Bacaan Dzikir Agar Otak Cerdas

Doa Bacaan Dzikir Agar Otak Cerdas

Memiliki otak yang cerdas adalah sebuah anugerah tak terhingga dari Allah SWT. Begitupun memiliki anak yang pintar dan cerdas adalah dambaan setiap orang tua. Orang tua akan bangga memiliki anak yang pandai dan penurut. Berikut kami ajarkan bacaan dzikir agar otak cerdas.

Bacaan Zikir Otak Cerdas ini bisa diamalkan kepada diri sendiri atau bisa juga ditujukan kepada anak-anak anda. Jika ditujukan kepada anak anda, insya Allah sang anak akan menjadi anak yang sholeh, rajin belajar, dan menuruti semua perkataan orang tuanya.

Dalam berbagai literatur kita akan menemukan banyak amalan yang bisa kita pelajari. Diantaranya adalah doa ibu untuk kecerdasan anak, doa supaya pintar berbicara, doa agar anak fokus belajar, atau doa kecerdasan dan kekuatan ingatan.

Baca juga: Amalan dan Doa Menghadapi Ujian Nasional

Namun kali ini ada satu lagi doa agar pintar dalam belajar yang bisa anda amalkan, baik untuk diri sendiri atau untuk memohon kepada Allah agar diberi anak yang sholeh dan rajin belajar.

Bacaan Dzikir Agar Otak Cerdas


Berikut adalah bacaan dzikir yang bisa anda amalkan agar otak menjadi cerdas. Bacaan dzikir kecerdasan ini bersumber dari surat-surat dalam Al Qur'an :

Bacalah surat Al-Fatihah :

بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ (١)
ٱلۡحَمۡدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلۡعَـٰلَمِينَ (٢) ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ (٣) مَـٰلِكِ يَوۡمِ ٱلدِّينِ (٤) إِيَّاكَ نَعۡبُدُ وَإِيَّاكَ نَسۡتَعِينُ (٥)  ٱهۡدِنَا ٱلصِّرَٲطَ ٱلۡمُسۡتَقِيمَ (٦) صِرَٲطَ ٱلَّذِينَ أَنۡعَمۡتَ عَلَيۡهِمۡ غَيۡرِ ٱلۡمَغۡضُوبِ عَلَيۡهِمۡ وَلَا ٱلضَّآلِّينَ (٧)

bismillahir-rahmanir-rahim
al-hamdu lillahi rabbil-'alamin. ar-rahmanir-rahim. maliki yaumid-din. iyyaka na'budu wa iyyaka nasta'in. ihdinas-sirāṭal-mustaqim. siratallazina an'amta 'alaihim gairil-magdubi 'alaihim wa lad-dallin.

Lanjutkan dengan membaca Ayat Kursi :

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

allahu la ilaha illa huw, al-hayyul-qayyum, la ta'khuzuhu sinatuw wa la na'um, lahu ma fis-samawati wa ma fil-ard, man zallazi yasyfa'u 'indahu illa bi'iznih, ya'lamu ma baina aidihim wa ma khalfahum, wa la yuhituna bisyai'im min 'ilmihi illa bima sya', wasi'a kursiyyuhus-samawati wal-ard, wa la ya'uduhu hifzuhuma, wa huwal-'aliyyul-'azim

Kemudian membaca surat Al-Insyirah :

بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ
أَلَمۡ نَشۡرَحۡ لَكَ صَدۡرَكَ (١) وَوَضَعۡنَا عَنكَ وِزۡرَكَ (٢) ٱلَّذِىٓ أَنقَضَ ظَهۡرَكَ (٣) وَرَفَعۡنَا لَكَ ذِكۡرَكَ (٤) فَإِنَّ مَعَ ٱلۡعُسۡرِ يُسۡرًا (٥) إِنَّ مَعَ ٱلۡعُسۡرِ يُسۡرً۬ا (٦) فَإِذَا فَرَغۡتَ فَٱنصَبۡ (٧) وَإِلَىٰ رَبِّكَ فَٱرۡغَب (٨)

bismillahir-rahmanir-rahim
a lam nasyrah laka dadrak. wa waḍa'na 'angka wizrak. allazi angqada zahrak. wa rafa'na laka zikrak. fa inna ma'al-'usri yusra. inna ma'al-'usri yusra. fa iza faragta fansab. wa ila rabbika fargab.

Terakhir bacalah Surah Thaha ayat 1-5 :

بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ
طه (١) مَآ أَنزَلۡنَا عَلَيۡكَ ٱلۡقُرۡءَانَ لِتَشۡقَىٰٓ (٢) إِلَّا تَذۡڪِرَةً۬ لِّمَن يَخۡشَىٰ (٣) تَنزِيلاً۬ مِّمَّنۡ خَلَقَ ٱلۡأَرۡضَ وَٱلسَّمَـٰوَٲتِ ٱلۡعُلَى (٤) ٱلرَّحۡمَـٰنُ عَلَى ٱلۡعَرۡشِ ٱسۡتَوَىٰ (٥)

bismillahir-rahmanir-rahim
ta ha. ma anzalna 'alaikal-qur'ana litasyqa. illa tazkiratal limay yakhsya. tanzilam mim man khalaqal-arda was-samawatil-'ula. ar-rahmanu 'alal-'arsyistawa.

Setelah itu perbanyak dzikir :

Ya Hayyu,Ya Qayyum,Ya Latiff dan Ya Rahman

Bacaan dzikir di atas khusus un tuk diamalkan sendiri atau ditujukan kepada diri anda sendiri agar menjadi orang yang cerdas dan pandai.

Sedangkan jika ditujukan kepada anak-anak anda, di akhir dzikir bacalah doa Nabi Daud di bawah ini sebanyak 3x lalu tiuplah ubun-ubun anak anda :

اَللَّّهُمَّ لَيِّنْ لِيْ قَلْبَهُ لَيِّنْتَ لِدَاْوُدَ الْحَدِيدْ

allahumma laiyinli qalbahu, laiyinta li daudal hadid

Demikianlah bacaan Dzikir agar Otak Cerdas kali ini. Semoga tulisan yang cukup singkat ini bisa membantu hajat, keinginan, atau harapan anda agar menjadi orang yang cerdas; atau memiliki anak yang pandai dan mau menuruti segala perkataan kedua orang tuanya. Amin Ya Rabb.


Sumber gambar : Kompasiana.com