Tata Cara Membaca Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun

Tata Cara Membaca Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun
Membaca Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun

Akhir tahun 2019 dan Tahun Baru 2020 memang telah kita lewati. Masuknya tahun baru berarti juga bergantinya bulan baru. Sebenarnya tidak ada doa khusus dalam pergantian tahu, tapi anda bisa melakukan Tata Cara Membaca Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun.

Evaluasi terhadap diri sendiri dapat digunakan untuk meningkatkan pencapaian di tahun depan. Mengevaluasi diri bisa dengan cara berdoa maupun melakukan ibadah. Pergantian tahun dan sudah ada tuntunan dari sahabat Nabi untuk melakukan doa.

Berdasarkan riwayat hadis-hadis Nabi, tidak ada doa yang secara khusus dibaca Nabi Muhammad SAW ketika memasuki tahun baru Hijriyah, termasuk dalam kalender Gregorius dan Julius.

Membaca doa di akhir tahun dan awal tahun sama sekali tidak dilarang karena bagian dari rasa bersyukur. Pada prinsipnya, berdoa adalah ibadah yang dianjurkan apalagi bertujuan untuk merenung (muhasabah) dan berpikir (tafakur).

Selain bermuhasabah, kita juga bisa mengamalkan doa awal tahun baru dan juga doa akhir tahun. Doa akhir tahun dibaca pada hari terakhir di bulan Desember setelah sholat ashar atau menjelang maghrib. Sedangkan doa awal tahun dibaca setelah selesai sholat maghrib pada hari pertama tahun baru.

Tapi jika sudah terlewat, anda tidak perlu khawatir. Kedua doa tersebut bisa dibaca sekarang juga karena semata-mata kita hanya mengharap ridho Allah SWT belaka. Berikut kami bagikan Tata Cara Membaca Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun yang bisa anda lakukan.

Doa Akhir Tahun 2019


Doa akhir tahun dibaca menjelang malam penggantian tahun. Berikut adalah doa untuk akhir tahun 2019 yang perlu anda baca:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
 اَاَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِى عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَىَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِى وَدَعَوْتَنِى اِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَا ئَتِى عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّى اَسْتَغْفِرُكَ فَغْفِرْلِى وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِى عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَاَسْأَلُكَ اَللَّهُمَّ يَاكَرِيْمُ يَاذَ الْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّى وَلاَ تَقْطَعَ رَجَائِى مِنْكَ يَاكَرِيْمَ

Doa akhir tahun latin indonesia:

Allahumma ma 'amiltu min 'amalin fî hadzihis sanati ma nahaitani 'anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîha 'alayya bi fadhlika ba'da qudratika 'ala 'uqubatî, wa da'autani ilat taubati min ba'di jara'atî 'ala ma'shiyatik. Fa inni astaghfiruka, faghfirli wa ma 'amiltu fîha mimma tardha, wa wa'attani 'alaihits tsawaba, fa as'aluka an tataqabbala minni wa la taqtha' raja’i minka ya karim.

Terjemah dan arti doa akhir tahun:

"Ya Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah."

Doa Awal Tahun Latin dan Artinya


Adapun untuk doa awal tahun bisa anda baca mulai dari malam penggantian tahun. Selain itu, doa ini juga bisa anda baca kapan saja meskipun waktunya telah terlewat. Berikut adalah doa awal tahun baru 2020 yang bisa anda baca:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَحِيْمِ. اللهم يَا مُحَوِّلَ الحَوْلِ وَالأَحْوَالِ حَوِّلْ حَالِيْ إِلَى أَحْسَنِ حَالٍ بِحَوْلِكَ وَقُوَّتِكَ يَا كَبِيْرُ المُتَعَال يَا عَزِيْزُ يَا مِفْضَالُ وَصَلىَّ اللهُ عَلىَ سَيدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَْحبِهِ وَسَلِّمْ. اللهم هَذِهِ لَيْلَةٌ جَدِيْدَةٌ وَشَهْرٌ جَدِيْدٌ وَسَنَةٌ جَدِيْدَةٌ فَأَعْطِنِي خَيْرَهَا وَخَيْرَمَا فِيْهَا وَاصْرِفْ عَنِّي شَرَّهَا وَشَرَّمَا فِيْهَا وَفِتْنَتَهَا وَمُحْدَثَاتِهَا وَشَرَّ النَفْسِ وَالْهَوَى وَالشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ وهَذِهِ سَنَةٌ جَدِيْدَةٌ أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِا مِنَ الشَّيْطَانِ وَجُنُوْدِهِ وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ مِنْكَ، فَأَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَّرِّهَا وَأَسْتَكْفِيْكَ مُؤْنَتَهَا وَشُغْلُهَا فِي عَقِيْبَةٍ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَصَلىَّ اللهُ عَلىَ سَيدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحبِهِ وَسَلِّمْ. َللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وجُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه وَجنوده وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَاالجَلَالِ وَالإِكْرَامِ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَصَلىَّ اللهُ عَلىَ سَيدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحبِهِ وَسَلِّمْ

Bacaan doa awal tahun baru latin:

Bismillahirrahmanirrahim. Allahumma ya muhawwilal hauli wal ahwal, hawwil haali ila ahsani haalin bi haulika wa quwwatika ya kabirul muta'al ya 'azizu ya mifdhol wa shallallahu 'ala sayyidina Muhammadin wa 'ala alihi wa shahbihi wa sallim. Allahumma hadzihi lailatun jadidah wa syahrun jadid wa sanatun jadidah, fa a'thini khairaha wa khaira ma fiha, washrif 'anni syarraha wa syarra ma fiha wa fitnataha wa muhdatsatiha wa syarran nafsi wal hawa was syaithonir rajim. Allahumma antal abadiyyul qadim, wa hadzihi sanatun jadidah, as'alukal 'ishmata fiha minas syaithoni wa junudihi, wa a'udzubika min syarriha wa astakfika mu'nataha wa syughluha fi 'aqibatin birahmatika ya arhamar rahimin. wa shallallahu 'ala sayyidina Muhammadin wa 'ala alihi wa shahbihi wa sallim. Allahumma antal abadiyyul qadim, wa 'juudikal mu'awwal. Wa hadza 'aamun jadi qad aqbala. As'alukal 'ishmata fihi minas syaithani wa awliya'ihi wa junudihi, wal 'auna 'ala hadzihin nafsi al-ammarati bis suu'i, wal isytighal bima yuqarribuni ilayka zulfa ya dzal jalali wal ikram. birahmatika ya arhamar rahimin. wa shallallahu 'ala sayyidina Muhammadin wa 'ala alihi wa shahbihi wa sallim.

Arti atau terjemah doa awal tahun baru:

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang. Wahai dzat yang mampu mengubah berbagai macam keadaan, dengan keagunganMu, keperkasaanMU dan kekuasaanMU, ubahlah keadaanku menjadi sebaik-baiknya keadaan. Semoga Shalawat Allah senantiasa mengalir kepada Nabi Muhammad, keluarga dan para sahabatnya. Ya Allah, inilah malam yang baru, bulan yang baru dan tahun yang baru, berilah aku kebaikannya dan seluruh kebaikan yang ada di dalamnya. Dan jauhilah aku dari keburukan dan seluruh keburukan yang ada di dalamnya, fitnahnya, keburukan jiwa dan hawa nafsu serta bisikan setan yang terkutuk. Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Di tahun baru ini, aku memohon perlindunganMu dari Setan dan tentaranya, pertolonganMU dari nafsu yang mengarah pada keburukan serta sibukkan aku dengan hal-hal yang mendekatkan aku kepadaMU. Maka aku memohon segala kebaikan dan berlindung dari segala keburukannya. Bagiku, dengan seluruh kasih sayangmu Wahai Dzat yang Maha Penyayang, hanyalah Engkau yang mampu menolong. Semoga Shalawat Allah senantiasa mengalir kepada Nabi Muhammad, keluarga dan para sahabatnya. "Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Dan atas karunia-Mu yang besar dan mulia kemurahan-Mu, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun meminta tolong-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku meminta aktivitas keseharian yang mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan. Semoga Shalawat Allah senantiasa mengalir kepada Nabi Muhammad, keluarga dan para sahabatnya."

Demikianlah uraian kami mengenai Tata Cara Membaca Doa Akhir Tahun 2019 dan Awal Tahun 2020. Kami beserta segenap tim Admin situs Gaib.web.id mengucapkan, "Selamat Tahun Baru 2020! Semoga di tahun yang baru ini menjadi lebih baik dari tahun lalu serta kita senantiasa diberikan rahmat dan karunia oleh Allah SWT. Amin Ya Rabb.