Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melatih Pernafasan dengan Dzikir

Melatih Pernafasan dengan Dzikir

Melatih pernafasan dengan dzikir memiliki banyak manfaat. Selain menambah pahala, anda juga akan mendapatkan kesehatan dan tubuh yang lebih bugar. Sekarang mari kita coba ulik manfaat dan keutamaannya.

Apa itu dzikir nafas? Dalam dunia supranatural maupun spiritual, kita seringkali mendengar bahwa untuk mengamalkan sebuah doa atau amalan harus dengan menahan nafas. Sebenarnya, adakah manfaat yang didapat jika membaca suatu doa atau amalan dengan menahan nafas?



Macam-macam Dzikir Nafas

Imam Ghazali pernah mengatakan bahwa dzikir yang dilakukan dengan cara menahan nafas akan mempercepat proses penyucian hati (membakar mazhumah). Sedangkan dzikir yang digabungkan dengan teknik pernafasan yang tepat, atau yang disebut oleh ahli Tasawuf sebagai dzikir nafas, akan memberikan manfaat yang lebih besar.

Umumnya cara melakukan dzikir nafas adalah dengan cara duduk bersila atau duduk di kursi, meskipun ada juga sebagian orang yang melakukannya sembari berbaring.

Cara Dzikir Nafas

Cara dzikir nafas dilakukan dengan menarik nafas secara perlahan hingga memenuhi paru-paru, lalu menahannya selama beberapa detik. Selanjutnya hembuskan nafas secaraperlahan hingga paru-paru terasa kosong. Begitu seterusnya.

Beberapa ahli tasawuf dan ahli hikmah memiliki pandangan tersendiri tentang macam-macam dzikir nafas. Terutama mengenai berapa waktu yang diperlukan oleh masing-masing gerakan nafas ini.

Dalam hemat kami, yang paling tepat untuk melakukannya adalah dalam waktu 10 detik. Itu artinya anda harus menarik nafas selama 10 detik, menahannya 10 detik, dan menghembuskan nafas selama 10 detik.

Bacaan Dzikir Nafas

Teknik di atas bisa anda praktekkan seperti cara zikir nafas lailahaillallah maupun bacaan dzikir lainnya. Untuk melatih pernafasan dengan dzikir kita bisa membaca bacaan doa dari surah Al Israa ayat 105 yang berbunyi sebagai berikut:

وَ بِالۡحَقِّ اَنۡزَلۡنٰہُ وَ بِالۡحَقِّ نَزَل

wa bil haqqi anzalnaahu wa bil haqqi nazal

Adapun untuk bacaan dzikir tersebut boleh anda amalkan berapa kali pun sekuat anda saja. Namun paling afdhol adalah dengan membacanya sebanyak 99x dengan teknik pernapasan di atas.

Manfaat Dzikir Nafas

Manfaat dzikir nafas adalah untuk menyatukan atau menyeimbangkan antara pikiran dan hati ketika anda sedang berdoa dan/atau berdzikir. Cara ini dapat membuat pikiran dan hati anda lebih fokus (terkonsentrasi) pada bacaan yang dibaca dalam hati.

Sedangkan manfaatnya bagi tubuh adalah dapat memperkuat paru-paru kita. Ritual menarik nafas, menahannya, dan menghembuskan secara perlahan telah diketahui dapat membersihkan rongga paru-paru dari berbagai zat asing.

Selain itu, juga dapat memperkuat pernapasan anda sehingga sangat tepat dilakukan bagi anda yang gemar berenang, menyelam, atau memang pekerjaannya berhubungan dengna aktifitas bawah air karena akan dapat memperpanjang waktu anda selama berada di dalam air.

Keajaiban Dzikir Nafas

Dengan melatih dzikir pernapasan berarti kita sudah melaksanakan sunnah Rasulullah untuk berdzikir ketika berdiri, duduk, dan berbaring. Manfaat dzikir nafas ini akan kita rasakan baik di dunia maupun di akhirat.

Sudah banyak orang yang telah merasakan keajaiban dari dzikir nafas ini. Semuanya mengatakan bahwa dzikir nafas sangat berpengaruh terhadap stamina dan daya tahan tubuh. Bahkan ada juga yang memberikan testimoni bahwa cara ini juga dapat mempercepat pemulihan dari berbagai penyakit.

Demikianlah tulisan kami kali ini. Semoga dengan tulisan ini dapat menambah khazanah pengetahuan anda dan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Amin Ya Rabb.

Berlangganan