Ramalan Mangsa Kasanga (2 Maret - 26 Maret)

Ramalan Pranata Mangsa Kasanga

Kali ini kami akan menjelaskan mengenai ramalan pranata mangsa Kasanga bagi orang yang lahir pada periode antara tanggal 2 Maret hingga tanggal 26 Maret. Ramalan pranata mangsa boleh anda percaya atau tidak. Tapi sebaiknya tetap anda jadikan pedoman atau patokan dalam hidup.

Pranata Mangsa merupakan sistem penanggalan atau kalender Jawa yang disusun berdasarkan pada peredaran Matahari. Sama seperti kalender horoskop zodiak, kalender ini memiliki siklus satu tahun dengan periode 365 hari atau 366 hari.

Kalender ini memuat berbagai aspek fenologi dan gejala alam lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai pedoman dalam kegiatan usaha maupun persiapan diri menghadapi bencana yang mungkin timbul pada waktu-waktu tertentu.

Pranata Mangsa Kasanga


Orang yang terlahir pada Mangsa Kasanga biasanya bertepatan pada musim hujan. Candranya "Tersiar Berita Bahagia" yang secara umum memiliki sifat seperti angin, orang Kasanga mempunyai kesenangan berpergian jauh. Seolah angin yang meniupnya sampai kemana-mana.

Dia sangat menyenangi pemandangan alam yang indah. Juga mengagumi hal-hal yang penuh misteri, khususnya alam gaib. Sering pula angan-angannya terhembus angin jauh entah kemana.

Hidupnya antara alam nyata dan alam khayalan sehingga memerlukan sesuatu yang memacu dirinya untuk berbuat secara nyata. Dia sering menolong kawan-kawannya yang sedang bertengkar. Tetapi suatu ketika dia sendiri kalau diganggu orang akan lebih memilih untuk mengalah.

Dengan sikap yang lemah lembut, kebaikan-kebaikannya untuk menolong sesama itu menyebabkan dia sangat disenangi dalam pergaulan. Begitu besar rasa sayangnya, sampai kawan-kawannya pun bersedia melindungi.

Kurang berani mengutarakan pendapatnya. Hal ini disebabkan dia khawatir kalau apa yang diutarakan menjadi bertambah runyam. Itulah kebiasaanya berkhayal menurut imajinasinya, padahal kenyataannya mungkin tidak demikian.

Orang dengan mangsa Kasanga kelihatan seperti orang yang pendiam. Padahal yang sebenarnya tidak demikian, dia ingin banyak bercerita dan membagi pendapat. Pengaruh angin yang sangat kuat menguasai dirinya, sehingga dia seolah terombang-ambing.

Orang Kasanga mempunyi dasar kebaikan hati "Membela kebenaran dan kebaikan". Sifat dasar yang baik itu akan hilang kalau tidak ada yang membimbingnya.

Karena ada pula sifat bimbang dalam segala hal, sifat bimbang itu akan berkepanjangan kalau dia hidup di lingkungan yang tidak menentu. Artinya kalangan yang beragam keadaan penghuninya, misalnya ditempat-tempat yang kumuh dan berjubel dengan berbagai latar belakang sosialnya, pendidikan, atau karakter.

Sejak masih dini orang tua harus memegang peran penting atas sifat anaknya yang Kasanga tersebut. Harus dibimbing dengan penuh bijaksana. Karena anak Kasanga tidak mudah menerima teguran dan perintah. Kalau dia mendapat kekerasan, maka kekerasan itulah yang akan tersimpan dalam memori bawah sadarnya. Bisa saja dia juga akan menjadi orang yang keras dan brutal nantinya.

Keadaan Fisik


Orang kelahiran Mangsa Kasanga mempunyai keistemewaan dalam bentuk tubuhnya yang gemuk dan tidak begitu tinggi. Walaupun mereka berbadan gemuk, tetapi tidak kelihatan berotot. Meskipun ada juga yang normal postur tubuhnya, tetapi jarang ditemukan.

Penampilan orang Kasanga tenang dan beribawa. Wajahnya tampak sendu. Kakinya juga tidak begitu kuat, maka dianjurkan untuk melatih diri agar kuat untuk berjalan jauh. Senam, lari pagi, atau bersepeda bisa melatih kekuatan kakinya. Juga selalu memperhatikan kesehatannya dengan minum jamu daun pepaya untuk menjaga pencernaannya.

Bagi wanita Kasanga, mempunyai keistimewaan pada payudara. Bentuk payudaranya lebih besar dari umumnya, bahkan pinggulnya juga tampak lebih besar dari orang lain.

Keadaan Masa Kecil


Anak-anak kelahiran Mangsa Kasanga pada umumnya senang merenung atau melamun dan hatinya mudah tersinggung. Sering kali berbuat sesuatu yang bertentangan dengan apa yang diucapkan.

Anak Kasanga senang kedamaian, mereka akan selalu mengalah meski hatinya tertekan. Mereka mudah sekali terpengaruh keadaan di sekelilingnya. Bila semua perbuatannya dilarang secara keras, saat dewasa dia akan menjadi orang yang minder dan tidak percaya diri.

Anak Kasanga senang berjiwa sosial, senang menolong orang lain, hatinya sangat perasa dan mulia. Tidak sampai hati kalau melihat orang lain menderita. Tetapi sifat yang demikian itu harus diarahkan untuk hal-hal yang mulia. Jangan sampai disalah-gunakan orang tak bertanggung jawab.

Karena dengan memanfaatkan sifatnya yang lemah lembut dan berjiwa sosial itu untuk kepentingan orang lain, dia dapat masuk kedalam jerat manipulasi terselubung suatu gerakan sosial seperti MLM atau penipuan. Sifat orang Kasanga itu tidak menaruh curiga pada kelicikan orang lain. Semua orang dianggap jujur dan mulia.

Yang perlu diketahui benar adalah sifat anak Kasanga dalam memutuskan sesuatu tidak bisa mantap, karena selalu bimbang. Maka kelemahan ini harus disadari, sehingga dapat menghadapi kenyataan hidup penuh semangat dan optimis, harus berani menghadapi kenyataan hidup apa pun resikonya. Tetapi perkembangan jiwanya akan berubah, semua tingkah dan sifat yang tanpa pehitungan dengan bertambahnya usia.

Tingkat kejiwaan itulah yang akan menunjukan kiat kehidupan, romantika hidup. Harus memilih lingkungan hidup yang baik, kawan bekerja yang bijak dan arif, maka orang Kasanga pun akan terpengaruh olehnya. Tetapi kalau lingkungan bekerjanya gemar bermalas-malasan, maka begitu pulalah orang Kasanga keadaannya.

Keadaan Masa Remaja


Bagi orang Kasanga, pada tingkat kehidupannya di masa remaja tidak ada hal-hal yang jauh berbeda dengan masa kecil. Hanya saja pada masa remaja, akal dan pikirannya sudah mulai berfungsi. Segala langkah dan perbuatan banyak digerakan oleh program bawah sadar.

Tetapi sifat berangan-angan yang negatif dan pikirannya yang selalu pesimis masih bermunculan dan mengganggu kehidupannya. Rasa khawatir masa depan yang suram dan kemiskinan, adalah pikirannya yang paling utama. Oleh karenanya pemuda Kasanga tampak selalu murung dan takut menghadapi masa depan.

Senang menolong orang lain, menyenangkan hati orang, berani berkorban, senang mengalah, dan ramah kepada siapapun dengan penampilan yang tampan, menarik serta tutur kata lembut. Itulah remaja Kasanga dalam pergaulan sehari-hari di kehidupan yang penuh keganasan.

Maka disarankan bagi remaja Kasanga untuk mengerti jati dirinya, agar sepak terjang dan langkahnya dapat terkendali dan tidak terkena dampak dari pergaulan bebas yang menyesatkan.

Ciri Khas Orang Mangsa Kasanga


Anak-anak maupun remaja yang terlahir dengan mangsa Kasanga mempunyai ciri khas yang sangat menonjol yaitu sikapnya yang suka bimbang seolah terhembus angin. Tetapi sifat yang baik khas orang Kasanga adalah senang menolong seseorang diluar batas bahkan kadang tampak berlebihan.

Contohnya memberikan bantuan biaya pengobatan untuk temannya yang sakit hingga benar-benar sembuh. Itulah ciri khas orang Kasanga yang menginginkan semua yang dikerjakannya harus tuntas.

Adapun cirri khas orang Kasanga yang kurang baik adalah sifat ragu-ragu, dualisme, dan mudah terpengaruh oleh keadaan lingkungannya. Tidak dapat mengontrol diri dan tidak berani menghadapi kenyataan yang pahit, seolah lesu darah, dan mudah menyerah.

Padahal jika ia sadar bahwa dirinya mempunyai pengaruh Angin, maka dia harus optimis karena mempunyi kemampuan untuk menyapu bersih apa saja yang menghalangi dan tidak disukainya. Membela kebenaran adalah topiknya.

Ikatan Persahabatan


Orang kelahiran mangsa Kasanga pada umumnya banyak mempunyai sahabat. Sahabat-sahabat orang Kasanga sangat setia dan sifatnya melindungi karena mereka menganggap orang Kasanga memerlukan perlindungan.

Mereka sayang, karena sifat lemah lembut, ramah, pengalah, dan wajah yang syahdu. Namun begitu sahabat yang benar-benar cocok bagi orang kelahiran Kasanga adalah orang kelahiran mangsa "Karo" dan orang kelahiran mangsa "Kalima".

Dalam pergaulan orang Kasanga dapat dikatakan tidak pernah berkelahi, dia lebih suka mengalah. Kalau dia terpojok oleh lawan yang benar-benar memusuhi dan akan mencelakainya, tanpa terduga dia dapat mengatasi masalahnya dengan sempurna. Sehingga lawannya membatalkan niatnya bahkan dapat berbalik mendukungnya.

Kesehatan


Adapun keadaan kesehatan orang mangsa Kasanga ini mempunyai kondisi tubuh yang lumayan. Hanya saja kemungkinan dapat terserang penyakit paru-paru basah. Karena sifatnya yang pemurung, gemar keluar malam, atau merenung berkepanjangan membuat kondisi badan tidak diperhatikan. Kelemahannya adalah pada alat pernafasan dan paru-paru.

Selain itu ada pula beberapa penyakit kulit seperti gatal-gatal, bisul, bahkan penyakit kelamin. Ada juga yang menderita penyakit tulang seperti reumatik atau pelemahan sendi-sendi kaki. Bahkan pada usia diatas 30 tahun dapat terserang kelumpuhan.

Tentu saja dalam bidang kesehatan, lebih utama mencegahnya daripada mengobati. Pencegahan untuk sakit paru-paru adalah berfikir positif jangan banyak berpikir yang bukan-bukan.

Gizi dan vitamin, dengan makan teratur dan tidak meninggalkan sayur serta buah-buahan. Keteraturan hidup dan juga rileks, tidur teratur pula. Tentu saja semua ini sulit dilakukan bagi orang Kasanga, tetapi dengan kesungguhan dan tekad yang kuat untuk masa depan, pasti akan berhasil.

Selain itu diperlukan pula senam, atau berolahraga dengan teratur. Dapat memilih olahraga yang cocok khususnya untuk pemeliharaan otot kaki dan pinggul.

Pekerjaan Yang Cocok/Karier


Para Pakar Astrolog Jawa telah membagi 3 (tiga) kelompok dari kelahiran Mangsa Kasanga sesuai hari kelahirannya. Antar alain sebagai berikut:

EKA - Mereka yang terlahir pada Hari Minggu, Hari Rabu, dan Hari Jumat.
Mereka yang terlahir pada hari tersebut ada beberapa bidang pekerjaan yang cocok baginya seperti bekerja sebagai pegawai bidang Humas, pengarang buku, atau wartawan. Tetapi pekerjaan yang sesuai dengan jiwa dan hobinya senang bergerak dan berpergian ialah sebagai Wartawan. Pekerjaan itu akan mengantarkan anda dalam kesuksesan karier.

DWI - Mereka yang terlahir pada Hari Senin.
Bidang pekerjaan yang cocok dan akan mengantarkan sukses karier dalam profesi ahli Kejiwaan (Psikologi). Profesi ahli Kejiwaan itulah pekerjaan yang paling cocok. Tetapi selain dari pekerjaan itu, ada pula beberapa bidang pekerjaan yang cocok seperti agen travel biro dan parawisata, bekerja pada apotek, toko obat,  hotel, atau tempat hiburan.

TRI - Mereka yang terlahir pada Hari Selasa, Kamis, dan Sabtu.
Mereka cocok dalam bidang pekerjaan di perkapalan atau transportasi laut. Beberapa pekerjaan yang cocok ialah sebagai nahkoda, ABK, karyawan pada galangan kapal, dapat juga sebagai mandor maupun bagian gudang pelabuhan. Namun yang paling cocok adalah pekerjaan dalam bidang Perkapalan, pekerjaan itulah yang akan meningkatkan kariernya.

Demikian pendataan pekerjaan yang cocok yang akan mengantarkan orang Kasanga kepuncak kariernya. Semoga diteliti dan dipertimbangkan dengan benar dan baik-baik.

Gambaran tentang Rejeki


Berikut adalah gambaran pendapatan untuk orang Kasanga dan hal-hal yang menyangkut penghidupannya. Tetapi Astrologi Jawa dalam menentukan keadaan penghidupan orang Kasanga membagi hari kelahiran dalam 3 (tiga) kelompok kelahiran sebagai berikut :

EKA - Mereka ini adalah kelahiran Hari Minggu, Hari Rabu dan Hari Jumat.
Kelompok pertama ini keadaan rejeki dan penghidupannya cukup baik, rejekinya banyak. Tetapi sayangnya mempunyai jiwa sosial yang berlebihan sehingga menjurus keapda pemborosan. Jika sampai umur 30 tahun tidak mau koreksi diri dan mengubah cara hidup, maka pada hari tuanya akan mengalami kemelaratan tanpa ada yang mempedulikan.

DWI - Mereka adalah yang dilahirkan pada Hari Senin.
Kelompok ini adalah orang Kasanga yang bernasib kurang baik. Bila telah mencapai rejeki lumayan, ada saja gangguan dan pemborosan yang harus dilakukannya. Nasibnya itu akan terus berlangsung hingga berumur 36 tahun. Barulah pada saat itu dapat memperbaiki jenjang ekonominya untuk bekal hari tua dan keturunannya. Walaupun dalam bidang ekonomi mungkin membaik, tetapi ganti mengalami kerepotan dalam rumah tangga. Kurang bahagia dalam keharmonisan berkeluarga. Anak dan istrinya seolah memusuhinya. Kembali kepada sifat orang Kasanga, walaupun dia menderita tetapi dapat tersungging senyuman di bibir.

TRI - Mereka yang terlahir pada Hari Selasa, Kamis dan Sabtu.
Mereka yang terlahir pada hari tersebut mempunyai keberuntungan dan sosialnya sangat baik. Adalah tergolong kelompok orang Kasanga yang selalu mendapat keberuntungan. Segala usahanya selalu berhasil. Tidak pernah kekurangan uang. Lebih-lebih setelah menikah, rejekinya lebih baik bahkan dapat diibaratkan "Selalu diberkahi Tuhan" artinya segala usahanya mendatangkan uang yang berlimpah. Pada usianya yang telah lanjut, rejekinya terus menumpuk bahkan dihari tua dapat menjadi orang kaya dan sosiawan. Bahkan ada yang mendirikan Rumah Yatim Piatu untuk menyalurkan desakan jiwa sosialnya.

Saat Yang Tepat Untuk mengerjakan Sesuatu


Mangsa Kasanga mempunyai saat-saat yang baik untuk melakukan suatu pekerjaan yang besar atau utama bagi kepentingan orang Kasanga. Saat terbaik dalam setiap tahunnya, jatuh pada tanggal 12 Mei sampai dengan 9 Juni.

Pada saat-saat itu seolah "Cipta Jadi", apa yang direncanakan dan dikerjakan selalu berhasil. Lebih-lebih kalau dalam tanggal-tanggal tersebut menggunakan hari Kamis, Selasa, dan Minggu. Tetapi yang terbaik adalah pada hari Kamis, untuk memulai pekerjaan yang terpenting maka akan berhasil.

Hobi


Hobi kelahiran mangsa Kasanga mempunyai beberapa hobi antara lain dalam bidang kesenian utamanya melukis, suka makan makanan enak, melakukan perjalanan atau bertamasya dan berbelanja, membaca buku apa saja khususnya Spiritual, bergaul dengan siapa saja.

Jodoh


Orang kelahiran mangsa Kasanga mempunyai calon pasangan hidup yang sesuai dan cocok adalah dengan kelahiran mangsa "Karo". Dalam kehidupan berumah tangga dapat mencapai keharmonisan, kedua belah pihak saling dapat menyesuaikan diri. Tidak ada pertengkaran yang berarti, sampai hari tua.

Tetapi ada pula beberapa calon yang dapat menjadi jodohnya, mereka itu adalah orang-orang yang terlahir pada mangsa "Kalima" atau kelahiran mangsa "Desta", baik pula dengan sesama kelahiran mangsa Kasanga.

Apa yang telah diutarakan oleh para Pakar Asrtrologi Jawa tersebut, tidak menutup kemungkinan terjadinya pernikahan dengan Mangsa lain. Hanya saja pernikahannya akan mengalami keretakan sehingga mengurangi keharmonisan pernikahan. Walaupun orang Kasanga akan tersenyum menghadapi kegetiran pernikahan atau rumah tangganya itu.

Orang Kasanga dalam memilih jodoh tidak melalui perkenalan langsung. Dia akan mengalami kesulitan dalam perkenalan pertama dengan lain jenisnya. Maka pada umumnya, perkenalannya dengan calon pasangan hidup melalui perantara orang lain.

Orang Kasanga dalam hal permainan ranjang cukup baik dan bervariasi. Hal itu dapat terjadi karena orang Kasanga mempunyai daya khayal yang tinggi. Tetapi sebenarnya tidak menggemari permainan ranjang. Lebih senang bercumbu, hal itu akan menentramkan hatinya.

Orang Kasanga mempunyai rasa bertanggung jawab yang sangat kuat terhadap keluarganya. Begitu pula laki-laki Kasanga mempunyai andil yang sangat besar dalam mendidik anak-anaknya, dan mereka adalah orang yang sabar. Sehingga anak-anaknya pun mendapat bimbingan yang cukup.

Batu Permata


Ada beberapa jenis batu permata yang cocok bagi orang kelahiran mangsa Kasanga. Selain sebagai permata aksesoris batu permata mempunyai khasiat yang sangat berguna bagi si pemilik yang mempercayainya.

Adapun batu permata yang cocok bagi orang Kasanga sebagai berikut :

Batu Safir Biru
Selain indah untuk aksesoris, berkhasiat juga sebagai menolak racun, penyakit menular, sakit kulit, sakit panas, dan melindungi mata dari kerusakan penyakit cacar.

Batu Kecubung
Batu permata ini indah, berwarna ungu, ungu muda, atau ungu tua kemerahan. Sebagai aksesoris sangat indah dan mempunyai perbawa lembut dan mendatangkan rasa kasih. Selain itu juga mempunyai khasiat untuk mencegah mabuk minuman keras, menolak bahaya racun, keracunan, dan mencegah sakit jantung.

Batu Zamrud
Batu aji Jamrud hijau yang bagus dapat mencapai puluhan juta rupiah dalam ukuran sebesar biji asam. Bagi yang percaya, Jamrud mempunyai khasiat mencegah sakit kepala.

Warna Yang Serasi


Bagi orang Mangsa Kasanga ada beberapa jenis warna yang cocok dan ideal baginya, antara lain Hijau, Merah Tua, Hitam, Putih, Biru Tua dan Abu-abu.

Adapun warna yang paling cocok adalah Abu-abu. Warna yang ideal di sini adalah warna yang paling tepat dan cocok dipakai oleh orang kelahiran mangsa Kasanga. Termasuk juga warna untuk interior rumahnya.

Bunga


Ada beberapa jenis bunga yang dapat membangkitkan semangat bahkan dapat mendatangkan inspirasi bagi orang Kasanga adalah bunga Melati, Lily Putih, Gradiul, Suflir, Anggrek Scorpio, Mawar Merah Tua, Mawar Margareta, Gardena atau Ceplok Piring.

Demikian data-data mangsa Kasanga baik kehidupan dan penghidupan secara umum. Mangsa Kasanga berorbit 25 hari lamanya. Dalam orbitnya menempati langit disebelah Barat Laut. Akan bertemu dengan Wuku Tolu (5), Piesces, Wuku Bala (25), dan Wuku Julungpujud (15). Dalam perjalanan 25 hari itu, ditandai dngn candra "Tersiarnya Berita Bahagia".

Pada mangsa itu adalah musim buah-buahan dan bulir-bulir padi pun telah berisi bahkan ada yang telah menguning. Merupakan berita bahagia bagi orang Kasanga pada sekitar tanggal 12 Mei hingga 9 Juni adalah pemberkahan agung.