Doa Para Nabi dan Khasiatnya

Doa Para Nabi dan Khasiatnya
Doa Para Nabi dan Khasiatnya

Doa Para Nabi dan Khasiatnya - Al Qur'an adalah sumber dari segala doa. Ada banyak sekali ayat-ayat dalam al-Qur'an yang bisa dijadikan doa dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Maka kali ini kami akan membagikan doa para nabi dan khasiatnya.

Doa-doa ini pernah dianggap sebagai salah satu doa yang paling sering dibaca Rasulullah SAW. Meskipun doa-doa ini dibaca oleh Nabi Muhammad SAW, tapi kita sebagai seorang muslim tetap dianjurkan untuk mengikuti Nabi dalam berdoa.

Semua doa para nabi ini diambil dari ayat-ayat Al Qur'an. Adapun untuk 5 doa Rasulullah ini antara lain ialah doa Nabi Sulaiman AS, doa Nabi Ibrahim AS, doa Nabi Adam AS, Doa Nabi Nuh AS, dan tentu saja doa Nabi Muhammad SAW.

Dan berikut ini ada doa 5 Nabi yang diabadikan dalam al-Qur’an:

  1. Doa Nabi Adam 'alaihis salam

    قَالَا رَبَّنَا ظَلَمْنَآ اَنْفُسَنَا وَاِنْ لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ

    Doa Nabi Adam Latin :
    qaalaa rabbanaa zalamnaa anfusana wa il lam tagfir lanaa wa tar-hamnaa lanakunanna minal-khaasiriin

    Arti Doa Nabi Adam :
    Keduanya berkata, "Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi."

    Khasiat Doa Nabi Adam :
    Doa ini diambil dari Al Qur'an Surat Al-A'raf ayat 23. Dengan mengamalkan doa ini kita memohon kepada Allah untuk diberikan ampunan atas segala dosanya serta diberikan rahmat dalam setiap perbuatan.


  2. Doa Nabi Nuh 'alaihis salam

    قَالَ رَبِّ اِنِّيْٓ اَعُوْذُ بِكَ اَنْ اَسْـَٔلَكَ مَا لَيْسَ لِيْ بِهٖ عِلْمٌ ۗوَاِلَّا تَغْفِرْ لِيْ وَتَرْحَمْنِيْٓ اَكُنْ مِّنَ الْخٰسِرِيْنَ

    Doa Nabi Nuh Latin :
    qaala rabbi innii a'uzu bika an as'alaka maa laisa lii bihii 'ilm, wa illaa tagfir lii wa tar-hamnii akum minal-khaasiriin

    Arti Doa Nabi Nuh :
    Dia (Nuh) berkata, "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu untuk memohon kepada-Mu sesuatu yang aku tidak mengetahui (hakikatnya). Kalau Engkau tidak mengampuniku, dan (tidak) menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku termasuk orang yang rugi."

    Khasiat Doa Nabi Nuh :
    Doa ini diambil dari Al Qur'an Surat Hud ayat 47. Membaca doa ini berarti mengharap perlindungan dari Allah dari kejahatan baik kejahatan manusia maupun jin. Doa ini juga bisa dibaca ketika anda sedang mengalami kebuntuan pikiran atau saat menghadapi suatu masalah pelik.


  3. Doa Nabi Ibrahim 'alaihis salam

    رَبِّ هَبۡ لِى حُڪۡمً۬ا وَأَلۡحِقۡنِى بِٱلصَّـٰلِحِينَ (٨٣) وَٱجۡعَل لِّى لِسَانَ صِدۡقٍ۬ فِى ٱلۡأَخِرِينَ (٨٤) وَٱجۡعَلۡنِى مِن وَرَثَةِ جَنَّةِ ٱلنَّعِيمِ (٨٥)

    Doa Nabi Ibrahim Latin :
    rabbi hab lii hukmaw wa al-hiqnii bis-saalihiin. waj'al lii lisaana sidqin fil-aakhiriin. waj'alnii miw warasati jannatin-na'iim.

    Arti Doa Nabi Ibrahim :
    "Ibrahim berdoa, "Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku ilmu dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh, dan jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian, dan jadikanlah aku termasuk orang yang mewarisi surga yang penuh kenikmatan".

    Khasiat Doa Nabi Ibrahim :
    Doa ini diambil dari Al Qur'an Surat Asy-Syu'ara' ayat 83-85. Membaca doa ini maka akan diluaskan pikirannya, dimudahkan dalam menyerap ilmu, dan dicerdaskan otaknya. Doa ini bisa dibaca oleh anak-anak sebagai doa saat akan belajar, memulai aktifitas sekolah, dan doa menambah kecerdasan.


  4. Doa Nabi Sulaiman 'alaihis salam

    فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِّنْ قَوْلِهَا وَقَالَ رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ وَاَدْخِلْنِيْ بِرَحْمَتِكَ فِيْ عِبَادِكَ الصّٰلِحِيْنَ

    Doa Nabi Sulaiman Latin :
    fa tabassama daahikam ming qaulihaa wa qaala rabbi auzi'nii an asykura ni'matakallatii an'amta 'alayya wa 'alaa waalidayya wa an a'mala saalihan tardaahu wa adkhilnii birahmatika fii 'ibaadikas-saalihiin

    Arti Doa Nabi Sulaiman :
    Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, "Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh."

    Khasiat Doa Nabi Sulaiman :
    Doa ini diambil dari Al Qur'an Surat An-Naml ayat 19. Membaca doa ini akan diberikan petunjuk untuk mengatasi setiap masalah yang terjadi. Baik masalah yang akan terjadi ataupun masalah yang sedang dialami, semuanya akan diberikan jalan keluar melalui cara yang tak disangka-sangka.


  5. Doa Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam

    وَمِنْهُمْ مَّنْ يَّقُوْلُ رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

    Doa Nabi Muhammad SAW Latin :
    wa min-hum may yaqulu rabbanaa aatinaa fid-dun-yaa hasanataw wa fil-aakhirati hasanataw wa qinaa 'azaaban-naar

    Arti Doa Nabi Muhammad SAW :
    Dan di antara mereka ada yang berdoa, "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka."

    Khasiat Doa Nabi Muhammad SAW :
    Doa ini diambil dari Al Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 201. Doa ini memiliki khasiat multifungsi untuk hajat apa saja sesuai yang diniatkan. Membaca Doa Nabi Muhammad ini setiap selesai shalat maka akan diampuni segala dosanya, dan diberikan rizki yang berlimpah di dunia.

Demikianlah Doa Para Nabi dan Khasiatnya yang bisa anda baca dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Doa apapun yang anda baca, niatkanlah dengan sunguh-sunguh, penuh keikhlasan, dan sepenuhnya berserah diri kepada ALlah SWT. Maka niscaya semua hajat dan harapan anda akan dikabulkan oleh Allah SWT. Amin Ya Rabb.