Dzikir dan Doa Sesudah Sholat Tahajud

Bacaan Doa Sesudah Sholat Tahajud

Dzikir dan Doa Sesudah Sholat Tahajud - Shalat tahajud adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari atau sepertiga malam terakhir. Shalat tahajud termasuk ke dalam shalat sunnah mu'akad. Dalam tulisan kali ini kami akan membagikan bacaan dzikir dan doa sesudah sholat tahajud.


Ternyata masih banyak yang masih bingung sholat tahajud berapa rakaat. Sholat Tahajud dikerjakan paling sedikit dua rakaat dan selanjutnya tidak ada batasan. Sholat tahajud dapat dilakukan kapanpun pada malam hari. Namun jam sholat tahajud paling utama adalah pada sepertiga malam terakhir.

Fadhilah dan Manfaat Sholat Tahajud


Menjalankan shalat tahajud adalah kemuliaan bagi seorang muslim. Beberapa ulama bahkan mengatakan bahwa manfaat shalat tahajjud sangat banyak sekali. Diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Mendatangkan kesehatan
  • Menghapus dosa yang dilakukan siang hari
  • Menjauhkan dari kesepian dalam kubur
  • Mengharumkan aroma tubuh
  • Menjamin kebutuhan hidupM
  • Menjadi hiasan surga.
  • Diberikan keselamatan dan kesenangan di dunia dan akhirat
  • Wajahnya memancarkan cahaya keimanan
  • Dipelihara oleh Allah dari segala bahaya
  • Setiap perkataannya dituruti oleh orang lain
  • Mendapatkan perhatian dan kecintaan dari orang-orang yang dikenal
  • Dibangkitkan dari kuburnya dengan wajah yang bercahaya
  • Diberi kitab amalnya di tangan kanannya
  • Dimudahkan hisabnya
  • Berjalan di atas shirat bagaikan kilat

Shalat Tahajjud adalah salah satu amalan yang berat dilakukan oleh kebanyakan manusia. Oleh karena itu fadhilah dari shalat Tahajjud ini sangatlah besar. Meskipun banyak orang yang sudah terbiasa sholat tahajud, ada saja orang yang belum tahu bacaan dzikir dan doa setelah shalat tahajud ini.

Bacaan Dzikir Sholat Tahajud


Setelah shalat Tahajjud biasanya dilanjutkan dengan memohon kepada Allah SWT. Berikut adalah bacaan Dzikir Sholat Tahajud yang pendek dan mudah diamalkan :

سُبْحَانَ الله
الله أَكْبَر
الْحَمْدُ لِلّه
لآإِلَهَ إِلاَّ الله
ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُ ﺍﻟﻠَّــﻪَ ﺍﻟْﻌَﻈِﻴــﻢَ
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سيدنا مُحَمَّد
أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ


Bacaan dzikir setelah shalat tahajud latin :

Subhanallah
Allahu Akbar
Alhamdulillah
Laa ilaaha illallah
Astaghfirullahal 'Adzim
Allahumma shalli aala sayyidina muhammad wa 'ala ali sayyidina muhammad
Astaghfirullahal 'azhiim alladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum wa atubu ilaih

Bacaan Dzikir sesudah sholat tahajud di atas boleh dibaca sebanyak-banyaknya sesuai kesanggupan dan keikhlasan anda. Boleh diwiridkan 3x, 7x, 11x, 33x, atau 99x. Setelah membaca dzikir, barulah membaca doa sesudah sholat tahajud.

Bacaan Doa Sesudah Sholat Tahajud


Setelah membaca dzikir shalat tahajud, selanjutnya bacalah DoaSholat Tahajud menurut sunnah berikut ini:

وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

 اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ


Bacaan doa sesudah sholat tahajud latin :

Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal antal haqqu, wa wa'dukal haqqu, wa liqaa'uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqquw wannaaru haqquw wan-nabiyyuuna haqquw wa Muhammadun shallallahu 'alaihi wa sallama haqquw wassaa'atu haqq.

Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa 'alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a'lantu wa maa anta a'lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu'akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Itulah tadi bacaan dzikir dan doa sesudah shalat tahajud yang bisa anda amalkan. Bacalah doa di atas dengan khusyuk dan semta-mata berharap hanya kepada Allah. Dengan demikian semoga segala doa, niat, dan hajat anda dapat terkabulkan. Amin Ya Rabb.