Asal Usul Hantu Suster Ngesot

Asal Usul Hantu Suster Ngesot
Misteri Suster Ngesot

Suster ngesot adalah hantu yang terkenal di Indonesia. Sosoknya seringkali dijadikan sebagai judul cerita film horor tanah air. Kali ini kami akan coba mengulas mengenai asal usul hantu suster ngesot yang pernah menghebohkan lini masa beberapa tahun lalu.

Sesuai namanya, sosok hantu suster ngesot memang berwujud seperti suster (perawat wanita) yang berjalan atau bergerak dengan cara 'ngesot' (beringsut) di lantai. Tidak ada yang benar-benar bisa memastikan asal-usul hantu suster ngesot ini karena hampir di setiap daerah terdapat urban legend mengenai 'suster ngesot'-nya masing-masing.

Sejarah Suster Ngesot


Namun jika melihat dari awal santernya cerita horor nyata mengenai suster ngesot dapat ditarik mundur hingga awal tahun 1990-an yakni di Rumah Sakit Umum (RSU, kini RSUPN) Dr.Cipto Mangunkusumo Jakarta Pusat.

Pada masa tersebut memang publik sempat dihebohkan dengan sebuah kasus kriminal dimana seorang suster diperkosa lalu dibunuh oleh seorang dokter jaga malam. Kaki sang suster bahkan sampai dipatahkan dan diremukkan oleh si dokter agar dia tidak kabur.

Dalam tulisan lain, kedua kaki suster tersebut dipotong atau dimutilasi hingga terputus agar tidak bisa melarikan diri. Namun menurut penglihatan kami kurang tepat karena kakinya masih ada, tapi dalam kondisi hancur. Dengan hati yang hancur dan derita sakit yang teramat sangat, sang suster meregang nyawa.

Konon karena dendam pada si dokter jaga yang telah menghancurkan hidupnya, arwahnya senantiasa bergentayangan hingga kini dengan wujud seorang suster yang berjalan dengan cara ngesot. Itulah ihwal mula sosok hantu itu dikenal dengan sebutan 'suster ngesot'.

Suster Ngesot di Jawa Barat


Di daerah Jawa Barat ternyata juga memiliki 'hantu suster ngesot'-nya sendiri. Dalam mitos yang berkembang di masyarakat Sunda, dikenal tentang Suster Norah yang merupakan cucu seorang nyai (wanita pribumi yang menikah dengan seorang pria Belanda). Norah memiliki wajah yang cantik dan bekerja sebagai perawat di sebuah panti jompo yang diperuntukkan bagi keturunan Belanda.

Asal usul Norah yang berdarah campuran Belanda dan neneknya yang diduga memiliki ilmu hitam membuat pertunangannya dengan seorang pria Belanda dibatalkan. Karena kesedihan dan kekecewaan yang mendalam membuat Norah berubah menjadi sosok yang dingin dan kejam.

Satu per satu Norah membunuh para penghuni panti dengan berbagai macam cara. Suatu hari kedoknya terbongkar. Sebagai balasannya, kaki Norah dipukul dengan tongkat hingga remuk dan tak berdaya. Norah pun mati dan arwahnya terus bergentayangan menghantui siapa saja yang sedang bernasib sial.

Kisah tentang Norah yang memiliki masa lalu suram ini bahkan sempat dituangkan dalam layar lebar berjudul "Suster N: Dendam Suster Ngesot" pada tahun 2007. Film itu mendapat banyak respon positif dari publik dan para kritikus film.

Suster Ngesot di Daerah Lain


Seperti yang sudah kami sebutkan di awal tulisan, di setiap daerah memiliki kisah suster ngesot versinya sendiri-sendiri. Hampir semua bangunan rumah sakit tua memiliki cerita soal suster ngesot ini. Seolah image suster ngesot sudah benar-benar mendarah daging pada rumah sakit yang telah dibangun sejak jaman penjajahan Belanda itu.

Semua cerita mistis suster ngesot di rumah sakit memang memiliki sejarah dan asal-usul yang berbeda. Ada yang karena mati dibunuh, jadi percobaan medis dokter, karena diperkosa, bahkan ada yang mati karena kakinya terjepit pintu lift yang menutup tiba-tiba.

Namun sosok suster ngesot yang menampakkan diri selalu sama. Seorang wanita muda dengan umur sekitar 20-30 tahun yang berpakaian suster berwarna putih namun bernoda darah. Wajahnya yang putih pucat dan ekspresinya yang menakutkan menambah seram sosoknya yang berjalan dengan cara ngesot atau menyeret kakinya di sepanjang lorong rumah sakit.

Konon jika kita bertemu dan berpapasan dengan hantu suster ngesot, hawa di sekitar kita tiba-tiba menjadi sangat dingin. Seluruh tubuh akan terasa kaku dan tidak bisa bergerak, mata tak bisa ditutup seolah dipaksa menyaksikan sosoknya yang menyeramkan bergerak melewati kita. Kita baru akan bisa bergerak kembali setelah sosoknya menghilang.

Hantu suster ngesot konon lebih suka menggoda para wanita, terutama bagi mereka yang sedang berhalangan. Itulah sebabnya para wanita yang sedang haid sebaiknya tidak berjalan sendirian di lorong rumah sakit karena akan diganggu oleh sosok suster ngesot ini.

Para penjaga rumah sakit juga banyak yang mengaku pernah melihat suster ngesot, meski tak pernah jelas terlihat. Kebanyakan mereka mendengar suara-suara tawa yang menakutkan di kamar mayat yang diduga adalah suara Suster Ngesot.

Film Suster Ngesot


Masyarakat Indonesia memang menyukai film-film bergenre horor. Itulah sebabnya marak beredar film-film dengan tema suster ngesot. Sebut saja film Suster Ngesot (2007) produksi MD Entertainment, Suster N (2007) produksi Virgo Putra Film, Kutukan Suster Ngesot (2009) di bawah arahan sutradara muda David Purnomo, hingga The Secret: Suster Ngesot Urban Legend (2018).

Selama gaung suster ngesot masih tetap terdengar, mungkin di masa depan kita masih akan menjumpai film-film bertema suster ngesot lainnya. Salam.