Kisah Tebo si Anak Genderuwo

Kisah Tebo si Anak Genderuwo
Kisah Tebo si Anak Genderuwo

Dalam khazanah dunia mistis di Indonesia dikenal beberapa orang yang diyakini adalah keturunan genderuwo. Jika beberapa waktu lalu kita digemparkan akan kehadiran Wagini yang konon adalah anak genderuwo, kini kami akan mengangkat kembali kisah Tebo si anak genderuwo yang pernah menggemparkan publik pada tahun 1990 lalu.

Tebo pertama kali diperkenalkan ke publik dalam kelompok hiburan Wahana Misteri di Sidoarjo pada tahun 1990. Kala itu, Imam Sayuti atau yang lebih akrab dipanggil Tebo dipercaya sebagai anak hasil hubungan manusia dan genderuwo. Sontak ia langsung menjadi bintang pameran waktu itu.

Badannya besar dan kekar dengan bulu-bulu hitam yang lebat. Jika dilihat sepintas memang Tebo tidak tampak terlalu aneh, tapi tidak dengan bagian belakang kepalanya. Disana ada gumpalan daging mirip tumor yang tertutup rambut panjangnya dan seolah membentuk sebuah wajah genderuwo.

Tebo Si Manusia Genderuwo dari Jember

Banyak spekulasi yang beredar terkait jati diri Tebo yang sebenarnya. Sumber paling valid menyebutkan bahwa ia lahir sekitar tahun 1970 di lereng Gunung Watungan desa Wuluhan, kecamatan Ambulu Jember, Jawa Timur.

Dalam catatan yang diperoleh dari manajernya, Tebo lahir dari pasutri bernama Fa'i yang seorang kuli bangunan dan Nasikah pencari kayu bakar di hutan. Mereka yang merupakan pengantin baru konon belum sempat berhubungan suami-istri saat Fa'i harus pergi ke kota untuk mengikuti proyek pembangunan selama beberapa bulan.

Baru berangkat selama 3 hari, Fa'i tiba-tiba pulang ke rumah. Sesosok genderuwo ternyata menyamar menjadi Fa'i sehingga postur, suara, cara bicara, dan sifatnya sama persis. Si genderuwo yang menyamar sebagai Fa'i ini kemudian berhubungan badan dengan Nasikah.

Nasikah merasa tenang karena menganggap itu suaminya yang asli. Sampai kemudian ia hamil dan Fa'i yang asli datang ke rumah. Fa'i tentu sangat kaget mengetahui istrinya tengah hamil padahal ia tak pernah menyentuhnya selama ini. Fa'i bahkan sampai menuduh istrinya telah selingkuh.

Seorang ulama yang menjadi penengah kemudian memintanya bersabar. Ternyata sosok Fa'i palsu itu memang tak pernah menampakkan diri ke warga sekitar. Hanya Nasikah sendiri yang bisa melihatnya. Mereka pun hanya bisa pasrah.

Sampai akhirnya lahirlah seorang bayi yang penuh rambut di tubuhnya dengan bintik-bintik merah. Yang aneh, sebelum Tebo lahir ke dunia, konon semua peralatan untuk bersalin tiba-tiba sudah tersedia di kamar Nasikah sehingga dukun beranak yang menangani persalinan tidak mengalami kesulitan.

Misteri Tebo Anak Genderuwo 2018

Bayi Tebo awalnya diberi nama Imam Sayuti, tapi karena mendapat petunjuk langit namanya menjadi Tebo. Tebo ini kemudian diasuh layaknya anak mereka sendiri. Meskipun demikian, ia tetap menjadi buah bibir di masyarakat. Setiap hari ada saja warga yang penasaran dan datang hanya untuk melihat Tebo karena sosoknya yang terlihat aneh.

Selama masa pertumbuhan, nafsu makan sangat besar. Porsi makannya beberapa kali lipat lebih banyak jika dibandingkan manusia pada umumnya. Tebo makan hingga 6 kali sehari. Setiap makan ia menghabiskan setengah kilogram nasi putih, 1 liter air minum, 2 kg buah-buahan., hingga 4 bungkus rokok. Tak ayal Fa'i dan Nasikah kewalahan menyediakan makanan untuk Tebo.

Tebo hanya tidur selama 2 jam sehari, yakni pukul 01.00 - 03.00 dini hari. Menurut pengakuan manajernya, Tebo hanya buang air kecil 2 hari sekali. Sedangkan buar air besar 2 kali dalam sebulan.  Sayangnya Tebo memiliki kekurangan dalam hal komunikasi. Ia disebut-sebut acapkali mengalami kesulitan dalam percakapan.

Nasibnya berubah setelah manajer acara Wahana Misteri mendengar kisahnya dan berniat memamerkan sekaligus merawatnya. Semua kebutuhan Tebo terpenuhi, apapun yang dia inginkan akan dituruti. Tebo pun menjadi ikon utama acara Wahana Misteri, kelompok hiburan yang secara khusus memamerkan barang-barang mistis, binatang aneh, hingga atraksi supranatural.

Konon Tebo tak pernah sakit. Ia tak mengeluh meskipun digoda oleh ribuan orang saat sedang tampil. Pamornya sekarang tenggelam karena perkembangan jaman. Tidak ada yang tahu dimana Tebo sekarang berada atau bagaimana nasibnya kini. Foto-foto yang beredar pun kebanyakan hanya foto-foto lawas tentangnya.

Biodata Tebo Manusia Genderuwo


Sumber gambar:
boombastis.com
anehdidunia.com