Surat Al Jalalah dan Artinya

Surat Al Jalalah dan Artinya
Doa Al Jalalah dan Artinya

Artikel ini akan membahas tentang sebuah doa (yang kadang disebut juga sebuah surat) Al Jalalah yang bisa dibaca setiap selesai sholat fardlu. Inilah bacaan doa surat Al Jalalah teks Arab, tulisan latin, dan artinya. Pengarang dzikir Jalalah adalah Syaikh Abdul Qodir Al-Jaelani dan Imam Ahmad Ar-Rifa'iy.

Syaikh Abdul Qadir Jaelani (عبد القادر گیلانی) adalah seorang ulama fiqh yang sangat dihormati di seluruh dunia. Beliau banyak menulis dan menerbitkan kitab mengenai keutamaan sholawat, bacaan zikir, dan doa-doa yang dikenal sebagai Hizib Syekh.

Diantara karya Syekh Abdul Qadir Jaelani adalah kitab Al-Fuyudhaat ur Rabbaniyya. Dalam kitab ini ada sebuah doa yang dikenal dengan sebutan Doa Al Jajalah dan memiliki banyak manfaat, yakni memohon perlindungan dan keselamatan dari bahaya.

Doa Al Jalalah ini seringkali dijadikan sebagai wirid hizib dan dzikir jalalah. Doa ini kadang juga dijadikan sebagai amalan zikir makrifat. Yang perlu dicatat adalah, doa Al Jalalah sangat berbeda dengan surat Al Zalzalah yang merupakan surat ke-99 dalam Al Qur'an. Doa Al Jalalah bukanlah bagian dari Al Qur'an karena doa ini dikarang oleh Syeikh Abdul Qodir Al Jaelani seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya.

Doa Al Jalalah ini dikenal oleh para penjaga Ka'bah dan Imam Mekkah yakni Muhammad bin 'Alawi al-Maliki al-Hasani. Konon sejak membaca dan mengamalkan surat Al Jalalah ini kota Mekkah dilindungi dari beragam aksi teror. Doa Al Jalalah bahkan telah dimasukkan ke dalam buku Duru 'u'l Wiqaya bi Ahzaabi'l Himaaya (Perlindungan bagi Pasukan Keamanan).

Doa Al Jalalah dan Artinya


Sebelum membaca doa al-Jalalah, terlebih dahulu bacalah:
حَسْبُنَا اللهَ وَنِعْمَ الوَكِيْلُ
hasbunallahu wani'mal wakil (450x)

Bacaan Doa Surat Al Jalalah teks Arab:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
اللّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ بِسِرِّ الذَّاتِ, بِذَاتِ السِّرِ, هُوَ أَنْتَ  وَ أَنْتَ هُوَ,  إِحْتَجَبْتُ بِنُورِ اللهِ, وَبِنُورِ العَرْشِ اللهِ, وَبِكُلِّ اسْمٍ للهِ,  مِنْ عَدُوِّيْ وَعَدُوِّ الله, بِمِائَةِ أَلْفِ لاَحَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ, خَتَمْتُ عَلَى نَفْسِى وَعَلَى أَهْلِى وَعَلَى كُلِّ شَيْئٍ أَعْطَانِيْهِ رَبِّى بِخَاتَمِ اللهِ الْمَنِيْعِ الَّذِى  خَتَمَ بِهِ أَقْطَارَ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ, وَحَسْبُنَا اللهَ وَنِعْمَ الوَكِيْلُ, نِعْمَ المَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ, وَصَلىَّ الله عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ  أَجْمَعِيْنَ آمِيْن

Bacaan doa Al Jalalah latin:

Bismillahir-rahmanir-rahim
Allahumma inni as 'aluka bisirridz-dzati, wabidzatissirri, huwa anta wa anta huwa. Ihtajabtu binurillah, wabinuri 'arsyillaah, wabikullismin lillah, min 'aduwwii wa'aduwwillah, bimi 'ati alfi la haula wala quwwata illa billah. Khatamtu 'ala nafsi wa'ala ahli wa'ala kulli syai-in a'thanihi rabbi bikhatamillahil mani'illadii khatama bihi aqtharas-samawati wal ardhi. Wa hasbunallahu wani'mal wakil, ni'mal maulaa wani'man-nashir. Wala haula wala quwwata illa billahil 'aliyyil 'azhim. Washallallahu 'ala sayyidina muhammadin wa'ala alihi wa shahbihi ajma'in. Amin.

Arti dan terjemah Surat Al Jalalah:

"Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang
Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu dengan perantaraan rahasia Dzat (Engkau) dan Dzat Rahasia (Engkau), Dia adalah Engkau dan Engkau adalah Dia. Aku bertirai dengan Nur Allah, Nur 'arasy Allah, dan semua Asma-Nya Allah, dari musuhku dan musuh Allah, berkat seratus ribu 'Laa haula walaa quwwata illaa billaah'. Aku menyetempel diriku, keluargaku dan segala sesuatu yang dianugerahkan Tuhanku kepadaku dengan stempel Allah yang kuat, yang dengannya Dia menyetempel seluruh wilayah (teritorial) langit dan bumi. Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung, sebaik-baik Penolong dan sebaik-baik Pembantu. Tiada daya dan tiada kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Semoga rahmat ta'zim dilimpahkan Allah kepada junjungan kita, Muhammad, beserta keluarga dan para sahabatnya semua. Amin."

Fadilah Doa Al Jalalah:

Fadilah dzikrul Jalalah diantaranya adalah untuk keselamatan dan perlindungan dari segala marabahaya. Manfaat dzikir jalalah bisa melindungi diri baik dari kejahatan manusia maupun makhluk halus.

Untuk mengamalkan doa Al Jalalah sangat mudah karena cukup dibaca setiap selesai sholat 5 waktu. Anda bisa membacanya dengan lantang atau membaca dengan pelan dan dalam hati (sirr). Bagi anda yang berminat bisa mengunduh dzikrul Jalalah PDF dalam tautan yang tersedia berikut ini:


Demikianlah uraian kami mengenai Surat Al Jalalah dan Artinya. Semoga tulisan kami yang sedikit ini bisa memperoleh manfaat dan mendapat barokah. Serta semoga anda semua senantiasa diberikan perlindungan dan keselamatan oleh Allah SWT. Amin Ya Rabb.