Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Getah Katilayu untuk Mancing Ikan

Getah Katilayu buat Mancing Ikan
Rp 200.000 Rp 100.000 Promo khusus hari ini saja
Dalam tulisan ini kami akan membahas mengenai getah Katilayu untuk memancing ikan. Getah Katilayu adalah salah satu media yang banyak dicari para pemancing dan nelayan. Banyak orang percaya bahwa getah Katilayu bisa membuat ikan-ikan berkumpul di sekitarnya sehingga mudah ditangkap.

Meskipun pada tulisan ini lebih menitik-beratkan pada para pemancing, namun untuk cara kerja dan penggunaan batu untuk mancing ikan sama dengan yang digunakan oleh para nelayan sungai, muara, atau laut.

Kami akan membahas mengenai getah Katilayu secara lengkap dan gamblang sehingga anda bisa mengetahui tentang apa itu getah Katilayu, cara mengambil getah Katilayu, cara menggunakan getah Katilayu, hingga doa atau mantra getah Katilayu.


Mendapatkan ikan sebanyak-banyaknya adalah harapan semua pemancing dan nelayan, baik mereka yang memang menggantungkan hidupnya untuk mencari nafkah atau yang hanya sekedar hobi memancing saja.

Hampir dapat dipastikan tidak ada seorang pun yang mau mengalami 'boncos' atau mendapatkan 'zonk' saat memancing. Tak heran jika pemikiran ini membuat beberapa orang percaya bahwa ada beberapa benda yang dipercaya dapat menarik atau memikat ikan dengan mudah tanpa bisa dicerna logika.

Bagi para pemancing, ada sebuah benda yang dipercaya bisa membuat ikan-ikan berkumpul di sekitarnya selain Jimat Mancing. Konon dengan benda itu ikan-ikan akan lebih mudah ditangkap atau terpikat umpan. Benda itu adalah getah Katilayu.

Sesuai namanya, getah Katilayu memang berupa getah dari pohon Katilayu yang telah memfosil dan mengeras seperti batu. Di beberapa daerah, getah Katilayu disebut juga blandong atau blendok Katilayu. Blendok ini sangat sulit didapatkan dan cukup langka.

Apakah Essen katilayu dapat digunakan untuk ikan muara atau laut? Bisa, getah Katilayu bisa digunakan untuk mancing ikan di laut, muara, rawa, danau, atau sungai. Katilayu sangat populer di kalangan para pemancing mania karena khasiatnya yang bisa meningkatkan hasil tangkapan.

Sudah banyak pemancing menggunakan essen getah Katilayu sebagai campuran umpan, bahkan ada diantaranya yang sampai membuat batu akik getah Katilayu sebagai mata cincin atau liontin.

Sejarah Katilayu untuk mancing ikan sudah dikenal sejak lama. Para pemancing professional percaya, dengan mencampurkan getah Katilayu ke dalam campuran umpan maka hasil ikan tangkapannya akan jauh lebih banyak daripada orang biasa.

Jika dilihat dari kacamata supranatural, getah Katilayu yang asli memang memancarkan energi tertentu yang dapat membuat ikan tertarik dan mendekat sehingga mereka akan memakan umpannya.

Khasiat Getah Katilayu

Khasiat Getah Katilayu


Adapun untuk manfaat atau khasiat batu mustika Katilayu antara lain sebagai berikut:

  • Apabila dipasang di sungai, kapal, atau joran maka semua ikan akan mendekat. Dengan cara ini ikan-ikan akan lebih mudah ditangkap atau dipancing.

  • Katilayu yang berasal dari daerah kepulauan Karimun Jawa, Jawa Tengah, dan Cirebon dikenal memiliki energi yang lebih cocok untuk jimat mancing.

  • Getah Katilayu juga dipercaya bisa digunakan sebagai media pemikat lawan jenis. Caranya dengan mencampur getah Katilayu dengan minyak tertentu dan diritualkan secara khusus untuk membangkitkan energi pengasihannya.

  • Katilayu yang berasal dari daerah pantai selatan Jawa dikenal ampuh jika digunakan untuk media pengasihan pemikat lawan jenis atau dibuat jimat pelet.

  • Jika diritualkan dengan benar, getah Katilayu diyakini dapat membuat para tamu tetap betah di tempat kita pada saat hajatan berlangsung atau acara-acara yang mengundang banyak orang.

  • Getah Katilayu yang telah sangat mengeras dan menjadi fosil dipercaya banyak paranormal sebagai media memelihara khodam, media pelet, buka aura, dan menambah kewibawaan.

Cara Mendapatkan Getah Katilayu

Cara Mencari Blendok/Getah Katilayu


Cara mendapatkan getah Katilayu tentunya berasal dari pohon getah Katilayu asli. Dikutip dari Wikipedia, pohon Katilayu memiliki nama latin Erioglossum rubiginosum. Pohon Katilayu bisa ditemukan di seluruh Indonesia, namun paling banyak ditemukan di daerah Jawa Barat terutama Cirebon, Sumatera, dan Kalimantan.

Banyak yang bertanya kepada kami, kalau di Sunda pohon Katilayu itu apa bahasa Sundanya? Pohon Katilayu paling banyak berada di daerah Cirebon sehingga penyebutannya pun sama yakni Katilayu. Nama lain pohon Katilayu di Jawa adalah Klayu, Kilalayu, atau Kapilayu. Sementara orang Madura menyebut pohon Katilayu dengan sebutan Klayu Itilayu, atau Kilalayu.

Pohon Katilayu seperti apa? Pohon Katilayu adalah satu-satunya pohon yang tidak menghasilkan getah. Maka sangat jarang sekali terjadi pohon ini mengeluarkan getah. Karena itu getah dari pohon Katilayu ini dianggap berharga dan banyak diburu oleh orang-orang untuk berbagai keperluan.

Jika pohon yang dimanfaatkan getahnya seperti pinus atau damar tinggal disayat batang atau kulitnya, cara itu tidak berlaku untuk pohon Katilayu. Meskipun anda berkali-kali menyayat atau melukai batangnya, pohon Katilayu tidak akan mengeluarkan getahnya.

Getah Katilayu konon akan keluar dengan sendirinya di waktu-waktu tertentu dan biasanya langsung jatuh ke tanah. Getah itu kemudian akan mengeras seiring waktu sehingga seperti batu kristal. Batu Katilayu itulah yang bisa dimanfaatkan.

Jadi kalau anda masih bingung dimana letak batu katilayu dan bagaimana cara untuk bisa mengambil getah katilayu, anda harus menggali ke dalam tanah di sekitar pohon Katilayu untuk menemukannya. Batunya biasanya berbentuk bongkahan-bongkahan kecil.

Ritual mendapatkan getah Katilayu juga terkadang dilakukan oleh segelintir orang untuk mendapatkan getah Katilayu yang masih berada di pohon. Namun getah yang masih 'mentah' ini biasanya dijadikan sebagai bahan untuk media pelet atau pengasihan, bukan piranti memancing ikan.

Bisa gak sih daun atau batang katilayu untuk mancing? Jawabnya tidak bisa. Begitu pun dengan akar Katilayu, buah Katilayu, hingga biji Katilayu tidak bisa dipakai untuk umpan memancing ikan. Yang bisa digunakan hanya getahnya saja.

Ciri-ciri Getah Katilayu Asli

Ciri-ciri Getah Katilayu Asli


Ciri fosil Katilayu yang asli bisa dilihat dari kondisi fisiknya. Getah Katilayu yang asli masih memiliki lapisan kulit kayu pada bagian permukaannya. Jadi tidak mulus bening layaknya kaca. Jika pun tidak ditemukan kulit kayu pada bagian permukaannya, pasti masih terlihat urat/serat kayu di bagian dalam getah Katilayu jika diterawang dengan cahaya.

Jika getah Katilayu asli dipecah atau dibelah, maka akan tampak serabut atau serat-serat seperti es yang warnanya lebih terang dari sekitarnya. Serabut es ini sangat rapuh dan mudah sekali hancur jika dipegang dengan tangan.

Banyak orang yang memalsukan getah Katilayu dari bahan lain misalnya resin atau getah pinus/damar. Perbedaan getah damar sama getah Katilayu sebenarnya cukup mencolok. Getah damar/pinus memiliki wangi yang khas dan menyengat seperti karbol atau cairan pembersih lantai, sementara getah Katilayu cenderung tidak berbau atau terkadang berbau tanah karena sudah lama berubah menjadi fosil.

Cara pengetesan getah Katilayu bisa dengan cara membakarnya sedikit. Jika tercium bau wangi seperti kemenyan, maka itu adalah getah Katilayu asli. Jika tidak berbau atau cenderung gosong seperti plastik bisa dipastikan itu Katilayu palsu.

Sedangkan untuk membedakan essen Katilayu asli dan palsu agak susah karena setiap orang terkadang berbeda-beda dalam meracik bahan-bahan essen. Ada yang dibuat wangi misalnya untuk ikan patin, ada juga yang dibuat amis misalnya untuk ikan mas. Jadi untuk memastikan keasliannya bisa dengan cara langsung mencobanya untuk memancing.

Macam-macam Getah Katilayu

Jenis Getah Katilayu


Di pasaran kita bisa menemukan beberapa macam getah Katilayu. Adapun untuk blendok Katilayu ini terbagi atas beberapa jenis antara lain:

  1. Getah Katilayu Coklat (Gentar)
    Getah Katilayu yang berwarna coklat disebut juga Gentar. Jika dilihat sekilas, warnanya hampir mirip dengan kemenyan. Bedanya, saat disorot dengan lampu maka akan tembus cahaya. Katilayu coklat biasa dipakai buat pelancar pekerjaan atau jimat penglaris.

  2. Blendok Katilayu Kuning
    Blendok Katilayu kuning memiliki kualitas lebih baik dibandingkan Gentar. Warnanya dominan kuning bening dengan beberapa semburat kecoklatan. Katilayu kuning bisa digunakan baik untuk pengasihan ataupun jimat mancing ikan.

  3. Katilayu Hitam (Kapilayu)
    Sebagian orang menyebut getah Katilayu hitam dengan sebutan "kapilayu". Getah ini tidak tembus senter dan dianggap tidak cocok dipakai mancing. Warnanya dominan hitam, bahkan ada yang hitam pekat. Katilayu hitam biasanya digunakan sebagai 'pegangan' untuk pengasihan dan menetralisir energi negatif.

  4. Getah Katilayu Merah (Katilayu Geni/Api)
    Katilayu ini menempati posisi teratas dari segi khasiat. Disebut getah Katilayu api karena batunya akan berwarna merah seperti api saat terkena sorot cahaya. Pada tingkat tertentu, warna merahnya bisa muncul smapai permukaan batu sehingga tampak seperti bongkahan bara api.

Keempat jenis getah Katilayu diatas sering diburu para pemancing karena dipercaya bisa memikat ikan dengan cepat dan mudah. Getah Katilayu sudah menjadi rahasia kesuksesan para juara lomba mancing dan galatama di Indonesia.

Cara Membuat Essen Katilayu

Cara Membuat Minyak Getah Katilayu


Getah Katilayu bisa langsung dipakai meskipun masih dalam bentuk bongkahan (rough). Namun sebagian orang lebih suka mencari cara membuat essen getah Katilayu sebagai campuran pakan ikan atau umpan pancing.

Lalu bagaimana cara bikin essen dari getah Katilayu?

Untuk cara mencairkan getah Katilayu yang mengeras atau cara membuat essen Katilayu bisa dengan mencampur sepotong kecil saja getah Katilayu kurang lebih 1 gram dengan minyak nilam (patchouli oil) sebanyak 3 ml lalu diamkan semalam tanpa ditutup.

Cara membuat minyak dari bongkahan getah Katilayu inilah yang disebut sebagai minyak essen atau yang juga disebut minyak getah Katilayu. Essen Katilayu ini sudah siap digunakan dengan cara dicampurkan pada umpan saat hendak memancing.

Apakah getah katilayu bisa amis? Bisa saja jika dicampurkan dengan umpan atua pakan ikan yang berbau amis seperti berasal dari daging atau ikan. Namun getah Katilayu asli memiliki aroma wangi yang khas sehingga cocok untuk umpan ikan patin, ikan bawal, ikan nila liar, dan ikan mas.

Apakah essen Katilayu dapat digunakan untuk ikan muara atau laut? Tentu saja bisa, tapi juga tergantung pada kemahiran anda dala mmenentukan titik/spot melepaskan kail karena jika meleset sedikit saja bisa membuat minyak essen habis tersapu ombak.

Cara Pakai Getah Katilayu

Cara Menggunakan Getah Katilayu


Bagaimana cara menggunakan getah katilayu yang masih berbentuk batu untuk campuran umpan mancing? Jika getah Katilayu masih dalam bentuk utuh atau bongkahan, maka Katilayu tersebut dicampur bersamaan dengan umpan yang akan digunakan. Pada saat akan memancing campurkan ke air kolam pemancingan sedikit saja.

Bisa juga dengan menyelupkan (merendam) fosil getah Katilayu pada segelas air, lalu air hasil rendamannya dicampurkan ke dalam umpan. Bisa juga langsung menempelkan batu Katilayu pada umpan pancing yang hendak digunakan.

Jika anda memiliki cincin/liontin Katilayu, jangan lepas cincin atau liontin tersebut saat memancing. Akan lebih baik jika tangan terus menggenggam joran agar energinya tersalurkan hingga ke mata kail. Jika tidak, lilitkan atau masukkan cincin/liontin anda pada gagang joran untuk mendapatkan efek yang sama.

Cara membuat umpan ikan dari getah Katilayu essen dengan cara mencampurkan beberapa tetes essen sesuai 'feeling' anda ke dalam umpan atau pakan sesuai jenis ikan yang anda incar. Essen Katilayu jgua bisa dicampur ke lumut sebagai umpan ikannya.

Jika umpan yang digunakan bukan berupa makanan/pakan melainkan umpan plastik, rendam umpan tersebut selama 1 malam dengan dilumuri oleh essen Katilayu.

Katilayu yang sudah di-booster atau dimaksimalkan energinya melalui ritual-ritual tertentu akan memiliki daya efek yang jauh lebih kuat dari getah Katilayu biasa. Untuk mendapatkan getah Katilayu Booster ini bisa dengan langsung menghubungi kami.

Apapun jenis getah Katilayu yang digunakan, semuanya tentu tergantung pada bagaimana cara meracik umpan yang tepat, kesabaran anda, dan tentunya tergantung pada kerpercayaan anda.

Mantra Getah Katilayu untuk Mancing

Mantra Getah Katilayu buat Mancing


Getah Katilayu sebenarnya bisa langsung digunakan tanpa harus membaca doa menggunakan getah Katilayu. Namun tergantung pada adat dan kepercayaan, kami menampilkan sebuah doa dan amalan berupa mantra Katilayu untuk mancing ikan.

Caranya, Bacalah mantra memanggil ikan Kejawen berikut ini sebanyak 33x dengan menggenggam getah Katilayu atau essen Katilayu di tangan kanan:

Duh Gusti kulo nyuwun pinaringan berkah lan manfaatipun sedoyo wasilah kanti ijin lan ridhonipun Gusti kang Moho Kuwoso kangge hajat kulo (sebutkan keinginan anda) lillahi ta'ala.
Alfatihah (1x)
Yaa Allahu Yaa Allahu Yaa Allahu Yaa Allahu Yaa Muhammad (7x)

Demikianlah doa menggunakan getah Katilayu yang bisa anda coba. Besoknya getah Katilayu sudah siap digunakan.

Jika anda akan mengikuti lomba memancing atau galatama, anda bisa menggunakan cara berikut untuk memperbesar kemungkinan anda menang. Caranya, tentukan terlebih dahulu dimana posisi anda saat akan mengikuti lomba besok.

Siapkan segenggam beras ketan lalu campurkan dengan dengan seruas kunyit yang diparut. Bacakan "BARAYA IBNU SULAIMAN" sebanyak-banyaknya lalu tebarkan ke lokasi/spot memancing anda. Insya Allah saat anda mengikuti lomba akan mudah mendapatkan banyak ikan.

Jual Getah Katilayu Asli Cirebon

Jual Getah Katilayu Asli Cirebon


Kami menjual batu mustika getah Katilayu sudah mengeras dan menjadi fosil untuk digunakan sebagai media memancing ikan. Berbeda dengan yang dijual oleh orang lain di pasaran, getah Katilayu kami sudah diritualkan secara khusus untuk mem-booster energinya sehingga lebih mudah dalam mendapatkan ikan.

Getah Katilayu yang kami jual 100% ASLI dari Cirebon yang dikenal sebagai daerah penghasil getah Katilayu terbaik untuk memancing ikan.

Batu Katilayu asli buat mancing ini kami jual dengan mahar per gram, bukan per satuan atau per batu. Sehingga anda bisa menentukan sendiri seberapa banyak anda membutuhkan batu Katilayu sesuai dana yang dimiliki.

Adapun harga batu fosil getah katilayu Cirebon kami patok Rp100.000 saja per 10 gram belum termasuk ongkos kirim. Batu Katilayu yang didapat adalah Katilayu kuning. Untuk batu Katilayu merah maharnya ialah Rp550.000 per 10 gram untuk kualitas super.

Kami juga menjual essen Katilayu dalam bentuk jadi (cair) yang bisa langsung dicampurkan pada umpan. Mahar per botolnya cukup Rp250.000 saja isi 25 ml. Cocok untuk essen ikan mas dan ikan patin.


Harga Katilayu mulai
100.000 / 10 gram
(belum termasuk ongkos kirim)
Pesan Sekarang

Berlangganan