Doa Ismul Adzom Rasulullah untuk Segala Hajat

Doa Ismul Adzom Rasulullah

Berikut adalah doa ismul a'dhom kubro yang diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk segala hajat anda. Doa Ismul Adzom ini juga dikenal sebagai doa Ismul A'dhom Kubro. Berikut adalah kunci Ismul A'dhom (Imam Al-Ghazali) yang perlu anda ketahui.

Ismul A'zhom merupakan Nama Allah Yang Agung. Ismul atau yang kadang disebut juga isim atau asma artinya adalah "nama". Sedangkan Al-a'zhom (الأعْظَمُ) artinya adalah Maha Agung.

Seperti halnya Asmaul Husna, ismul A'zhom juga sangat dikenal sebagai amalan doa bagi umat Muslim. Ada sebuah riwayat yang menyebutkan bahwa siapa saja yang berdoa dengan menyebut Ismul a'dzom niscaya doanya akan dikabulkan.

Nabi Muhammad SAW mendengar seorang laki-laki berdoa, "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu, sesungguhnya aku bersaksi bahwa Engkau adalah Allah, yang tidak ada Tuhan selain Engkau, Yang Esa, Yang menjadi tempat bergantung segala sesuatu, yang tidak beranak dan tidak diperanakan, dan yang tidak ada sesuatu pun yang setara dengan-Nya."

Lantas Rasulullah SAW bersabda, "Engkau telah memohon kepada Allah dengan isim A'zhom, yang jika dipakai untuk memohon niscaya akan diberi, dan bila dipakai untuk berdoa niscaya akan dikabulkan." (HR. Abu Daud, At Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Alhakim dari Abdullah bin Buraidah ra)

Dalam hadist lain disebutkan bahwa, "Isim Allah yang maha Agung itu, yang jika dipakai buat berdoa dengannya niscaya akan dikabulkan, di dalam ayat 20 dari surat Ali Imran." (HR, Atthobarony dari Ibnu Abbas ra).

Dalam hadist lain, "Isim Allah yang maha agung terdapat dalam 6 ayat terakhir dari surat Al Hasyr." (HR. Addailamy dari Ibnu Abbas ra).

Ibnu Amr Hisyam, Khatib Kota Damaskus, mengatakan bahwa Ismul A'zhom yang ada pada surat Al Baqarah adalah, "Allah yang tiada Tuhan melainkan Dia yang Hidup Kekal lagi terus menerus mengurus makhluknya." (QS. Al Baqarah: 255).

Sedangkan Ismul A'zhom yang berada pada surat Ali Imran adalah, "Alif, Lam, Mim. Allah, tiada Tuhan melainkan Dia yang Hidup Kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya." (QS. Ali Imran: 1-2)

Adapun Ismul A'zhom yang berada pada surat Thaha adalah, "Dan tunduklah semua wajah kepada Tuhan yang Hidup Kekal lagi senantiasa mengurus makhluk-Nya." (QS. Thaha: 111)

Asma "Allahu Ya Hayyu Ya Qayyum" juga masyhur dikenal sebagai Ismullahil A'zhom. Diriwayatkan bahwa Nabi Isa bin Maryam bahwa saat beliau hendak menghidupkan orang mati, maka beliau membaca doa di atas.

Demikian juga dengan Ashif bin Barkhiya ketika beliau hendak mendatangkan singgasana Ratu Balqis ke hadapan Nabi Sulaiman As, beliau berdoa dengan menyebutkan, "Ya Hayyu Ya Qayyum".

Saat Nabi Musa As ditanya oleh bani Israil tentang perkara Ismullahil A'zhom, beliau berkata kepada mereka, "Aya Hayya Syaraahiya" (lafaz bahasa Ibrani) yang artinya dalam bahasa Arab adalah "Ya Hayyu Ya Qayyum" (lihat kitab Al Jami'u li Ahkami al Qur’ani, Imam Qurthubi jilid III halaman 259-260)

Diriwayatkan dalam hadits ketika Nabi Isa AS dikejar oleh bangsa Yahudi untuk dibunuh, datanglah Malaikat Jibril mengajarkan Asma ini kepadanya. Setelah Nabi Isa membacanya, dia pun diselamatkan oleh Allah dan diangkat ke langit.

Bacaan Doa Ismul Adzom Rasulullah


Teks Arab Doa Ismul A'dhom

وَاِلٰهُكُمْ اِلٰهٌ وَّاحِدٌۚ لَآاِلٰهَ اِلَّا هُوَ الرَّحْمٰنُ الرَّحِيْمُ
لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ الرَّحْمٰنُ الرَّحِيْمُ
الۤمّۤ, اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُۗ
اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِأَنِّي أَشْهَدُ أَنَّكَ أَنْتَ اللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ الأَحَدُ الصَّمَدُ الَّذِي لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Doa Ismul Adzom Latin

wa ilahukum ilahuw wahid, la ilaha illa huwar-rahmanur-rahim.
la ilaha illa huwar-rahmanur-rahim.
alif lam mim. allahu la ilaha illa huwal-hayyul-qayyum.
allahumma inni as'aluka bi anni asyhadu annaka antallahu, la ilaha illa antal ahadus shamad, alladzi lam yalid wa lam yulad, wa lam yakullahu kufuwan ahad.


Arti dan terjemah doa Ismul Adzom

Dan Tuhan kamu adalah Tuhan Yang Maha Esa, tidak ada tuhan selain Dia, Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.
Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Alif Lam Mim. Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus-menerus mengurus (makhluk-Nya).
Tuhanku, aku memohon (pertolongan) kepada-Mu. Aku bersaksi bahwa Engkau adalah Allah. Tiada tuhan selain Engkau Yang Maha Esa, tempat bergantung yang tiada melahirkan dan tiada dilahirkan, serta tiada apapun yang menyamai-Nya.

Demikianlah tulisan kami mengenai Doa Ismul Adzom Rasulullah untuk Segala Hajat. Semoga dengan mengamalkan doa Ismul A'dhom di atas maka segala hajat atau keinginan anda dapat dikabulkan oleh Allah SWT. Amin Ya Rabb.