7 Waktu Mustajab untuk Berdoa

7 Waktu Mustajab untuk Berdoa
Doa Mustajab Mohon Diberi Kebaikan Dunia Dan Akhirat

Allah SWT akan mengabulkan doa dari hambanya. Namun ternyata ada waktu yang dianggap paling baik untuk berdoa agar keinginan cepat terkabul. Berikut adalah 7 Waktu Mustajab untuk Berdoa kepada Allah SWT.

Allah SWT sangat mencintai semua orang yang berdoa kepada-Nya. Allah bahkan berjanji akan mengabulkan semua doa-doa seperti yang disebut dalam Al Qur'an surah Gafir ayat 60:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَࣖ

Dan Tuhanmu berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina."

Berdoa di waktu-waktu tertentu dianggap lebih mustajab dan akan mempermudah doa itu terkabul. Dalam beberapa hadits juga disebutkan bahwa Allah SWT akan lebih cepat mengabulkan doa yang dipanjatkan di waktu-waktu tersebut.

Oleh sebab itu kita harus memanfaatkan sebaik-baiknya waktu yang dianggap mustajab untuk berdoa. Lalu kapan saja waktu yang dianggap mustajab untuk berdoa?

7 Waktu Terkabulnya Doa yang Paling Mustajab


1. Di sepertiga malam terakhir

Rasulullah SAW bersabda,

ينزل ربناتبارك وتعالى كل ليلةإلى السماء الدنيا ،حين يبقى ثلث الليلالآخر، يقول : من يدعونيفأستجيب له ، منيسألني فأعطيه ، منيستغفرني فأغفر له

"Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman: 'Orang yang berdoa kepada-Ku akan Ku-kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Ku-berikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Ku-ampuni'" (HR Bukhari No.1145, Muslim No.758)

Sepertiga malam terakhir yakni antara pukul 01.30-04.30 adalah waktu yang mustajab. Pada saat itu Allah akan mengabulkan permintaan setiap hamba-Nya yang berdoa.

Di saat orang lain tertidur, justru kita harus sebanyak-banyaknya berdoa. Akan lebih bagus jika ditambah dengan melakukan sholat tahajud.

2. Berdoa pada hari Jum'at

Hari Jumat adalah hari yang dianggap istimewa dalam Islam. Dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim disebutkan bahwa dari Abu Hurairah ra, Nabi Muhammad bersabda:

أن رسول الله صلى الله عليه وسلم ذكر يوم الجمعة ، فقال : فيه ساعة ، لا يوافقها عبد مسلم ، وهو قائم يصلي ، يسأل الله تعالى شيئا ، إلا أعطاه إياه . وأشار بيده يقللها

"Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam menyebutkan tentang hari Jumat kemudian beliau bersabda 'Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta'. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut."

"..Diantara waktu itu ada waktu yang tidak ada seorang hamba muslim pun memohon sesuatu kepada Allah melainkan Dia akan mengabulkan permintaannya. Oleh karena itu, carilah ia di akhir waktu setelah Ashar."

3. Ketika adzan berkumandang

Kita memang dianjurkan untuk menjawab adzan dengan lafadz yang sama. Namun pada saat adzan berkumandang juga termasuk waktu yang mustajab untuk berdoa. Rasulullah SAW bersabda,

ثنتان لا تردان أو قلما تردان الدعاء عند النداء وعند البأس حين يلحم بعضهم بعضا

"Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya. Yaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang" (HR. Abu Daud, 2540, Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Nata-ijul Afkar 1/369 berkata hadits ini Hasan Shahih)

4. Waktu antara adzan dan iqamat

Dari Anas bin Malik ra, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,

إِنَّ الدُّعَاءَ لاَ يُرَدُّ بَيْنَ الأَذَانِ وَالإِقَامَةِ فَادْعُوا

"Sesungguhnya doa yang tidak tertolak adalah doa antara adzan dan iqomah, maka berdoalah (kala itu)." (HR Ahmad 3/155. Syaikh Syu'aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih)

Dalam hadits di atas tersebut jelas bahwa waktu antara adzan dan iqomah adalah waktu yang barokah (penuh kebaikan) sehingga umat muslim disarankan untuk banyak berdoa pada saat itu.

5. Hari Rabu, antara dzuhur dan ashar

Memang tak banyak orang yang tahu bahwa pada hari Rabu antara waktu dzuhur dan ashar adalah salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa.

Hal ini karena Nabi Muhammad pernah berdoa dan dikabulkan pada hari Rabu seperti yang diceritakan oleh Jabir bin Abdillah ra:

أن النبي صلى الله عليه وسلم دعا في مسجد الفتح ثلاثا يوم الاثنين، ويوم الثلاثاء، ويوم الأربعاء، فاستُجيب له يوم الأربعاء بين الصلاتين فعُرِفَ البِشْرُ في وجهه
قال جابر: فلم ينزل بي أمر مهمٌّ غليظ إِلاّ توخَّيْتُ تلك الساعة فأدعو فيها فأعرف الإجابة

"Nabi shalallahu 'alaihi wasalam berdoa di Masjid Al Fath 3 kali, yaitu hari Senin, Selasa dan Rabu. Pada hari Rabu-lah doanya dikabulkan, yaitu diantara dua shalat. Ini diketahui dari kegembiraan di wajah beliau.

Berkata Jabir: 'Tidaklah suatu perkara penting yang berat pada saya kecuali saya memilih waktu ini untuk berdoa, dan saya mendapati dikabulkannya doa saya'"

6. Saat sedang sujud dalam sholat

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda,

أَقْرَبُ مَا يَكُونُ العَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ ، فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ

"Keadaan seorang hamba paling dekat dengan Rabbnya adalah ketika ia sedang bersujud, maka perbanyaklah berdoa saat itu." (HR. Muslim No.482)

Posisi terdekat seorang hamba dengan Tuhannya adalah ketika ia sedang bersujud. Maka panjatkanlah doa ketika kita sedang bersujud dalam sholat.

7. Ketika turun hujan

Hujan adalah salah satu nikmat dan karunia dari Allah SWT kepada semua makhluknya, oleh karena itu tidak boleh mencelanya. Saat hujan turun membasahi tanah, panjatkanlah doa untuk memohon apapun yang anda inginkan kepada Allah SWT.

ثنتان ما تردان : الدعاء عند النداء ، و تحت المطر

"Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun" (HR Al-Hakim No.2534, dishahihkan Al Albani di Shahih Al Jami, 3078)

Apapun doa dan keinginan yang anda panjatkan kepada Allah, selipkanlah satu doa ini agar diberi kebaikan oleh Allah baik di dunia maupun di akhirat kelak:

رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqina 'adzabannar

Demikianlah tulisan kami mengenai 7 Waktu Mustajab untuk Berdoa. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda semua. Sampaikanlah ilmu ini kepada orang lain, semoga ini menjadi sebab ampunan oleh Allah. Amin Ya Rabb.
Untuk pemesanan :
  • Minyak Asihan
  • Bulu Perindu
  • Uang Asmak
  • Getah Katilayu
  • Jimat Mancing
  • Jimat Kecerdasan
  • Batu Galih Kelor
dan benda-benda lainnya silahkan kirim WhatsApp ke 085777776418 atau klik di sini.