Ciri-ciri Fisik Nabi Muhammad yang Sebenarnya

Ciri-ciri Fisik Nabi Muhammad yang Sebenarnya

Dalam berbagai literatur disebutkan bahwasanya Rasulullah SAW adalah sosok manusia yang sempurna. Lalu bagaimana ciri-ciri fisik Nabi Muhammad yang sebenarnya? Silahkan baca tulisan ini.

Rasulullah SAW adalah suri teladan bagi umat manusia, khususnya bagi umat Islam. Sosoknya yang istimewa memang sering membuat bertanya-tanya, seperti apakah ciri-ciri fisik beliau?

Nabi Muhammad SAW telah mencapai kesempurnaan raga dan rohani. Rasulullah adalah orang yang paling indah penampilan fisiknya dan paling sempurna kepribadiannya. Kesempurnaan dan keistimewaan yang tidak dimiliki oleh insan lainnya.

Penampilan fisik Nabi Muhammad SAW tercatat dalam sejumlah riwayat hadits yang menggambarkan tentang sosok dan wujud Nabi Muhammad semasa hidupnya. Berikut adalah ciri-ciri fisik Nabi Muhammad yang dikumpulkan dari berbagai sumber:

  1. Rasulullah berwajah sangat tampan.

    Diriwayatkan oleh Ummu Ma'bad AL-khuza'iyah, dirinya berkata tentang Rasulullah: Beliau terlihat sangat tampan, berwajah cerah, bagus fisiknya, badannya ramping, kepalanya tegak.

    Kedua matanya lebar dan hitam, bulu matanya lentik, suaranya parau, lehernya jenjang, kedua alisnya bagaikan bulan sabit, rambutnya hitam dan apabila beliau saw terdiam, maka terpancarlah kewibawaan.

  2. Aroma tubuh Rasulullah sangat wangi.

    Diriwayatkan dari Abu Juhaifah, beliau berkata, "Aku pernah menggapai tangannya (Rasulullah) kemudian aku letakkan telapak tanganku di wajahku, ternyata tangan beliau lebih sejuk dari embun dan lebih wangi dari kasturi" (HR Bukhari)

  3. Wajah Rasulullah selalu bercahaya.

    Dari Ka'ab bin Malik berkata, "Apabila beliau berbahagia, wajahnya bercahaya seperti potongan bulan" (HR Bukhari)

  4. Tubuh Rasulullah kekar dan telapak tangannya lembut.

    Ali bin Abi Thalib berkata, "Beliau adalah orang yang paling bagus telapak tangannya, paling kekar dadanya, paling jujur perkataannya, paling menepati janjinya, paling lembut jiwanya, paling mulia pergaulannya" (HR Tirmidzi)

  5. Wajah Rasulullah bagaikan bulan.

    Diriwayatkan Jabir bin Samurah, iaberkata, "Aku melihat Rasulullah pada suatu malam yang cerah, aku memandang beliau kemudian memandang bulan, beliau memakai baju merah ternyata beliau lebih indah dari pada bulan" (HR Tirmidzi)

Redaksi Hadits Tentang Ciri-ciri Nabi Muhammad


  1. "Sudah jelas aku melihat Rasulallah mencat rambutnya dengan henna dan itulah sebabnya akupun mencat rambutku dengan henna." (Hadits riwayat Imam Bukhari, vol.I no.167, vol.IV no.747 dan vol.VIII no.785)

  2. Ali bin Abi Thalib, ia berkata, "Rasulullah memiliki jari jemari tangan dan kaki yang tebal dan lentik memanjang." (HR. Ahmad, Al-Mizzi dalam Tandzib Al-Kamal, dan Ibnu Sa'ad)

  3. Ali bin Abi Thalib (ra) meriwayatkan: "Rasulullah (SAW) tidaklah tinggi; juga tidak pendek. Telapak tangan dan kaki dia padat berisi. Dia memiliki kepala yang agak besar dan kuat. Bulu-bulu halus tumbuh di dada sampai pusar dia.

    Jika dia berjalan, melangkahnya seolah-olah seperti turun (meloncat) dari suatu ketinggian. Saya belum pernah melihat dia di antara sahabat-sahabatnya, dan dari antara orang-orang yang datang sesudah (wafatnya) dia.
    " (Riwayat dari Ali bin Abi Thalib)

  4. Dikisahkan oleh Ismail bin Abi Khalid, "Aku mendengar Abu Juhaifa berkata, "Aku melihat sang Nabi dan Al-Hasan bin Ali tampak mirip dia. "Aku berkata pada Abu Juhaifa, "Coba gambarkan sosok nabi padaku."

    Dia berkata, "Dia berkulit putih dan jenggotnya hitam dengan uban putih. Dia berjanji membei kami 13 ekor unta betina, tapu dia terlanjur mati terlebih dahulu sebelum kami menerimanya.
    " (Hadits riwayat Imam Bukhari, vol.IV no.744)

  5. Anas bin Malik meriwayatkan: "Rasulullah saw bertubuh sedang, bercorak kulit cerah, tidak putih sekali namun tidak pula hitam benar. Rambut dia dapat dikatakan lurus dan agak berombak. Allah Ta'ala mengangkat dia sebagai Nabi ketika berusia empat puluh tahun.

    Sesudah itu dia sempat tinggal di Mekah selama tiga belas tahun. Lalu di Madinah selama sepuluh tahun. Allah memanggil dia ke hadirat-Nya pada umur enam puluh tiga tahun. Saat itu baru sedikit saja uban yang tumbuh di rambut dan janggut dia.
    " (Diriwayatkan oleh Anas bin Malik)

  6. Ali bin Abi Thalib (ra) juga meriwayatkan: "Rambut Rasulullah lurus dan sedikit berombak. Dia tidak berperawakan gemuk dan tidak pula tampak terlalu berat, dia berperawakan baik dan tegak. Warna kulit dia cerah, mata dia hitam dengan bulu mata yang panjang.

    Sendi-sendi tulang dia kuat dan dada dia cukup kekar, demikian pula tangan dan kaki dia. Badan dia tidak berbulu tebal, tetapi hanya bulu-bulu tipis dari dada ke bawah sampai di pusar dia. Jika dia sedang berhadapan dengan seseorang, maka dia akan mengarahkan wajah dia ke orang tersebut (penuh perhatian).

    Diantara tulang belikat dia “tanda” kenabian dia. Dia adalah orang yang paling baik hati, orang yang paling jujur, orang yang paling dirindukan dan sebaik-baik keturunan. Siapa saja yang mendekati dia akan langsung merasa hormat dan khidmat. Dan siapa yang bergaul dengan dia akan langsung menghargai dan mencintainya. Saya belum pernah melihat orang lain seperti dia.
    " (Riwayat dari Ali bin Abi Thalib)

  7. Hind bin Abi Halah (ra) menceritakan sebagai berikut: "Rasulullah (saw) memiliki pribadi mulia dan diakui sangat agung dalam pandangan orang yang melihatnya. Wajah dia bercahaya seterang bulan purnama. Dia sedikit lebih tinggi dari rata-rata kami tetapi lebih pendek dari orang yang jangkung.

    Kepala dia lebih besar dari rata-rata, dan rambut dia agak keriting (berombak). Jika dapat dikuakan (dibelah), maka dia kuakan, Jika tidak dapat maka dia biarkan saja. Saat rambut dia agak panjang, akan mencapai kuping telinga dia. Kulit dia berwarna cerah dan dahi dia lebar. Alis mata dia lengkung hitam dan tebal, di antara alisnya tampak urat darah halus yang berdenyut bila dia emosi atau bergairah.

    Hidung dia agak melengkung dan mengkilap jika terkena cahaya serta tampak agak menonjol jika kita pertama kali melihatnya, padahal tidak demikian sebenarnya. Dia berjanggut tipis tetapi penuh rata sampai di pipi. Mulut dia sedang, gigi dia putih cemerlang dan agak renggang. Pundak dia bagus dan terpasang kokoh, seperti di cor dengan perak.

    Anggota tubuh dia yang lain serba normal dan proporsional. Dada dan pinggang dia seimbang ukurannya. Daerah di sekitar tulang belikat dia cukup lebar, dan terpasang dengan baik. Bagian-bagian tubuh dia yang tidak tertutup bulu lebat satupun tampak bersih dan bercahaya. Kecuali bulu-bulu halus yang tumbuh dari dada dan tumbuh sampai ke pusar.

    Lengan dan dada bagian atas dia berbulu. Pergelangan tangan dia cukup panjang, telapak tangan dia agak lebar serta baik telapak tangan maupun kaki dia padat berisi, jari-jari tangan dan kaki dia cukup langsing. Telapak kaki dia cukup lengkungannya dan atasnya halus serta bagus bentuknya, sehingga saat dia mencucinya, maka air akan meluncur dengan cepat ke bawah.

    Jika dia berjalan, dia melangkah dengan posisi badan agak condong ke depan, tetapi dia melangkah dengan anggun. Langkah dia panjang dan cepat serta terlihat seperti turun (loncat) dari suatu ketinggian.

    Jika dia sedang berhadapan dengan seseorang, maka dia memandang orang itu dengan penuh perhatian. Pandangan dia selalu ditundukkan sesuai aturan (dalam Alquran), dan lebih sering melihat ke bawah daripada ke atas. Dia tidak pernah memelototi seseorang, pandangan mata dia selalu menyejukkan.

    Dia juga selalu berjalan agak di belakang, terutama saat melakukan perjalanan jauh dan dia selalu lebih dulu menyapa orang yang ditemuinya di jalan.
    " (Hind bin Abi Halah (ra) telah diceritakan oleh Hasan bin Ali).

  8. "Rasulullah (saw) memiliki mulut yang agak lebar, di mata dia terlihat juga garis-garis merahnya. Dan tumit dia langsing. Saya berkesempatan melihat Rasulullah (saw) di bawah sinar rembulan, dan (saya) perhatikan pula rembulan tersebut, bagi saya dia lebih indah dari rembulan tersebut." (Diriwayatkan Jabir bin Samurah)

  9. "Apakah rona wajah Rasulullah (saw) cemerlang seperti pedang yang mengkilap?" Ia menjawab, "Tidak! tetapi lebih mirip dengan purnama yang cerah." (Diriwayatkan oleh Abu Ishaq dari Bara’a bin Aazib).

  10. Abu Hurairah (ra) mengemukakan: "Rasulullah begitu rupawan, seperti dia dibentuk dari perak. Rambut dia cenderung berombak. Abu Hurairah (ra) juga meriwayatkan: Saya belum pernah melihat orang yang lebih baik dan lebih tampan dari Rasulullah (saw); roman mukanya secemerlang matahari, juga tidak pernah melihat orang yang secepat dia. Seolah-olah bumi ini digulung oleh langkah-langkah dia ketika sedang berjalan. Walaupun kami berusaha untuk mengimbangi jalan dia, tetapi dia tampaknya seperti berjalan santai saja." (Diriwayatkan oleh Abu Hurairah).

  11. Jabir bin Abdullah (ra) Rasulullah (saw) pernah bersabda: "Aku menyaksikan pemandangan (rohani) tentang para nabi. Di antaranya, Musa (as). Dia (Musa as) berperawakan langsing seperti orang-orang dari suku Shannah; dan aku menyaksikan Isa ibnu Maryam (as) yang mirip dari antara orang yang pernah saya lihat, yaitu Urwah bin Mas’ud (ra) dan aku melihat Ibrahim (as), dia sangat mirip dengan sahabatmu ini (maksudnya diri dia sendiri), saya juga melihat malaikat Jibril yang mirip dengan Dehya Kalbi." (Diriwayatkan oleh Jabir bin Abdullah).

  12. Said al Jahiri, "Sekarang ini tidak ada lagi yang tinggal (masih hidup) yang pernah melihat diri Rasulullah, kecuali saya." Maka saya (Said ra) berkata padanya: "Gambarkanlah kepadaku." Ia menjawab, "Rasulullah (saw) itu roman mukanya sangat cerah dan perawakannya sangat baik." (Diriwayatkan oleh Said al Jahiri meriwayatkan dari kisah Abu Taufik).

  13. Ibnu Abbas mengatakan: "Gigi depan Rasulullah (saw) agak renggang (tidak terlalu rapat) dan jika dia berbicara tampak putih berkilau." (Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas).

Demikianlah tulisan kami mengenai bagaimana ciri-ciri Nabi Muhammad SAW yang sebenarnya dari berbagai hadits yang meriwayatkan tentang beliau. Dan semoga anda yang sedang membaca tulisan ini termasuk salah satu yang mendapat syafa'at beliau. Amin Ya Rabb.

۞ اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّد۞