Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buah Tin yang Disebutkan dalam Al-Qur'an

Manfaat Buah Tin yang Disebutkan dalam Al-Quran

Buah tin sangat istimewa, karenanya dijuluki sebagai "buah surga". Bukan tanpa alasan, buah ini disebut jelas dalam kitab suci Al-Quran, juga dalam hadits nabi. Di sisi ilmiah pun buah ini terbukti memiliki berbagai manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh.

Tin atau Ara (Ficus carica L) adalah sejenis tumbuhan penghasil buah-buahan yang dapat dimakan yang berasal dari Asia Barat. Buahnya bernama sama. Nama "Tin" diambil dari bahasa Arab, juga dikenal dengan nama "Ara" (buah ara/pohon ara) sedangkan dalam bahasa Inggris disebut fig.

Pohonnya besar dan dapat tumbuh hingga 10 m dengan batang lunak berwarna abu-abu. Daunnya cukup besar dan berlekuk dalam, 3 atau 5 cuping.

Bunga tin tidak tampak karena terlindung oleh dasar bunga yang menutup sehingga dikira buah. Yang disebut buah sebetulnya adalah dasar bunga yang membentuk bulatan. Buahnya berwarna hijau dengan ukuran 3-5 cm. Buahnya berubah warna menjadi ungu jika matang.

Cara makan buah tin bisa dimakan segar, dikeringkan, atau dibuat selai. Buah yang dipetik harus segera dimanfaatkan karena tidak dapat disimpan lama (mudah rusak). Jika tidak, buah ini juga bisa dikeringkan (buah tin kering). Getah yang dikeluarkan pohon ini dapat mengiritasi kulit.

Buah tin telah digunakan oleh Allah SWT sebagai kata sumpah dalam Kitab-Nya yang berbicara tentang hal-hal yang luar biasa:

وَالتِّيْنِ وَالزَّيْتُوْنِۙ
"(Dan, Allah hanya bersumpah dengan sesuatu yang agung) "Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun." -QS at-Tin 1 

Dalam beberapa hadits yang menceritakan tentang riwayat Adam dan Hawa, diceritakan tentang pohon tin yang serat pohonnya dijadikan bahan untuk pakaian mereka. Ya, buah tin telah ada sejak 1400 tahun Masehi lalu.

Manfaat dan Khasiat Buah Tin


Buah Tin rasanya manis dan renyah. Buah ini mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, dan vitamin C yang tinggi. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa manfaat buah tin:

  • Bagus untuk diet

    Manfaat buah tin untuk diet ini terdapat pada seratnya yang membantu memperlancar metabolisme tubuh dan pencernaan. Pada kandungan 100 gram buah tin, hanya terkandung 74 kalori, yang mana bagus untuk Anda yang sedang diet.

    Manfaat lain yang bisa didapat dari buah tin adalah kandungan mineral, vitamin serta pigmennnya yang baik untuk mencerahkan dan melembabkan kulit.


  • Pencegah kanker dan masalah pencernaan lainnya

    Kandungan pektin yang ada dalam manfaat buah tin juga berdampak baik bagi pencernaan, terutama usus besar dan usus kecil. Bagi sebagian masyarakat timur tengah, buah tin ini juga digunakan sebagai obat pencahar alami.

    Buah tin juga dapat mencegah penyakit kanker usus. Buah tin mengandung vitamin dan anti oksidan yang dapat menghilangkan bahaya radikal bebas dari tubuh. Sehingga dapat melindungi kita dari kanker, diabetes, infeksi organ dalam, dan penyakit degeneratif lainnya.


  • Banyak kandungan gizi dan vitamin yang bermanfaat

    Buah tin yang dikeringkan merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. 100 gr buah tin kering mengandung 680 mg potasium, 162 mg kalsium, dan 2 mg zat besi.

    Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Sedangkan zat tembaga dan zat besi diperlukan dalam produksi sel darah merah tubuh.


  • Sebagai ramuan obat seksualitas

    Masyarakat Arab memanfaatkan buah tin sebagai obat tradisional untuk mengatasi masalah seksualitas seperti kemandulan, daya tahan seks yang lemah, ataudisfungsi ereksi.

    Hal ini sudah menjadi bagian dari budaya dan mitologi bangsa Arab, dimana khasiat buah tin untuk lelaki dipercaya sebagai obat kesuburan dan kejantanan pria.

    Untuk membuat ramuan obat kesuburan dan menambah vitalitas pria, buah tin direndam dalam susu selama semalam lalu diminum pada waktu petang untuk mendapatkan stamina dan energi di malam harinya.

Berlangganan