Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Mustajab Setelah Sholat Dhuha yang sesuai Sunnah

Doa Mustajab Setelah Sholat Dhuha yang sesuai Sunnah

Salah satu cara untuk memohon kepada Allah agar dilancarkan rezekinya adalah dengan menjalankan sholat Dhuha. Namun banyak yang masih bingung tentang tata cara sholat Dhuha dan doanya. Berikut kami bagikan doa mustajab setelah sholat Dhuha yang sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW.

Nabi sangat menganjurkan umatnya untuk menjalankan sholat dhuha minimal 2 raka'at dan maksimal 8 raka'at. Sholat Dhuha disebut-sebut memiliki banyak fadhilah dan keutamaan jika dilaksanakan secara istiqomah, yakni Allah akan memudahkan dan melancarkan rezeki kita.


Waktu Sholat Dhuha


Sesuai namanya, sholat Dhuha adalah sholat yang dilakukan pada waktu dhuha, yakni waktu ketika matahari mulai naik hingga saat matahari mulai condong mendekat zhuhur. Waktu terbaik melakukannya yakni sekitar pukul 07.00 hingga pukul 10.00 pagi.

Hadits shahih tentang waktu shalat dhuha pernah diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud dalam kitabnya, al-Sholaah No: 1097. Berikut adalah haditsnya:

"Dari Nu'aim bin Hammar, dia berkata: "Saya pernah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Allah Azza Wa Jalla berfirman:

يَا ابْنَ آدَمَ لاَ تُعْجِزْنِي مِنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ فِي أَوَّلِ نَهَارِكَ أَكْفِكَ آخِرَهُ.

"Wahai anak Adam, janganlah engkau tertinggal untuk mengerjakan sholat empat raka'at pada permulaan siang (waktu Dhuha), niscaya Aku akan memberi kecukupan kepadamu sampai akhir siang."

Dalil lainnya tentang waktu mengerjakan sholat Dhuha juga pernah diriwayatkan dari Imam al-Tirmidzi dalam kitabnya, al-Jumu'ah No: 535:

"Dari Anas radhiallahu 'anhu, dia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِي جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ
ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ.

Barangsiapa mengerjakan solat Subuh secara berjemaah lalu sesudah itu dia tetap duduk (di masjid) untuk berzikir kepada Allah sehingga matahari terbit (dan meninggi), kemudian solat (Dhuha) dua rakaat"

Manfaat Sholat Dhuha


  1. Menambah pahala dan amalan melalui sedekah

    Rasulullah SAW pernah bersabda:

    يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ
    وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ
    وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى.

    "Masing-masing ruas dari anggota tubuh salah seorang di antara kalian harus dikeluarkan sedekahnya setiap pagi hari. Setiap tasbih (Subhaanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (Laa Ilaaha Illallah) adalah sedekah, setiap takbir (Allahu Akbar) adalah sedekah, menyuruh untuk berbuat baik juga sedekah, dan mencegah kemungkaran juga sedekah. Dan semua itu bisa diganti dengan dua rakaat sholat Dhuha."

    Dari hadits di atas dapat kita simpulkan bahwa setiap sendi dan tulang perlu mengeluarkan sedekah bagi menunjukkan ketaatan kita kepada Allah SWT. Oleh akrena itu sholat Dhuha adalah salah satu cara atau amalan yang dapat menunaikan tanggung jawab tersebut.

  2. Allah akan memberi rezeki yang cukup sepanjang hari

    Siapa saja yang mengerjakan sholat Dhuhadengan tawakkal dan penuh keikhlasan, Allah akan mencukupkan segala kebutuhannya sepanjang hari.

  3. Mendapatkan pahala yang setara dengan mengerjakan haji dan umrah

    Bagi mereka yang mengerjakan sholat Subuh secara berjamaah lalu tetap berada dalam masjid untuk berdzikir kepada Allah dan mengerjakan sholat Dhuha pada awal terbitnya matahari maka dia mendapat pahala seperti mengerjakan haji dan umrah. Dalilnya dapat dibaca kembali pada hadits riwayat Imam al-Tirmidzi No: 535 di atas.

  4. Siapa yang melakukan Sholat Dhuha akan diterima taubatnya

    Sholat Dhuha termasuk sholat untuk orang-orang yang bertaubat (Sholat Awwabin). Zaid bin Arqam pernah menyebutkan bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam keluar menuju tempat Ahli Quba' yang ketika itu mereka sedang mengerjakan sholat Dhuha. Baginda lalu bersabda:

    صَلاَةُ الأَوَّابِينَ حِينَ تَرْمَضُ الْفِصَالُ.

    "Sholat Awwabin (orang-orang yang taubat) dilakukan pada saat teriknya matahari." - Hadis riwayat Imam Muslim dalam Shahihnya, Kitab Sholaatul Musaafiriin wa Qashruhaa No: 748.

Doa Sholat Dhuha dan Artinya


Setelah melakukan sholat Dhuha, ada baiknya kita memanjatkan doa dengan menyebutkan maksud dan  tujuan atau hajat kita. Doa sholat dhuha ini jika dilihat dari maknanya memang berisi permohonan agar didekatkan dengan rezeki kita.

Berikut adalah doa sholat dhuha lengkap dengan tulisan Arab dan Latin, juga terjemahnya. Silahkan dihafalkan atau ditulis.

Bacaan Doa Mustajab Setelah Selesai Sholat Dhuha Teks Arab


اَللّهُمَّ اِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَائُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَاءِ فَاَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَاَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسِّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ اَتِنِى مَااَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Doa Sholat Dhuha Latin

Berikut adalah bacaan doa sholat dhuha latin:

allahumma innadh dhuha-a dhuha-uka, wal bahaa-a bahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ishmata ishmatuka. allahuma inkaana rizqi fis samma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’asaran fayassirhu, wainkaana haraaman fathahhirhu, wa inkaana ba'idan fa qaribhu, bihaqqiduhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatini maa ataita 'ibaadakash shalihin.

Arti dan Terjemahan Doa Sholat Dhuha


Arti atau terjemahan dari doa sholat Dhuha di atas adalah sebagai berikut:

"Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi, maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh."

Demikianlah tulisan kami mengenai doa setelah sholat Dhuha yang mustajab dan sesuai sunnah Nabi. Semoga dengan tulisan ini dapat semakin memantapkan diri anda agar rajin melaksanakan sholat Dhuha. Semoga Allah SWT berkenan memberikan kemudahan rezeki untuk kita. Amin Ya Rabb.

Berlangganan