Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacaan Ayat Kursi dan Terjemahannya | Ayatul Kursi Latin Arab dan Artinya

Ayatul Kursi Latin Arab dan Artinya

Ayat Kursi latin dan Ayatul Kursi Terjemahan - Sahabat yang mencari keridhaan Allah SWT. Pertama-tama marilah kita senantiasa bersyukur atas limpahan rahmat dan nikmat yang Allah berikan kepada kita, yang telah memberikan banyak nikmat kepada kita Semua. Nikmat iman, nikmat islam, serta nikmat sehat.

Tak lupa shalawat serta salam tak henti-hentinya kita kirimkan kepada junjungan kita Rasulullah SAW, Semoga kita semua termasuk hambanya yang taat, yang berhak mendapatkan syafa'atnya di hari akhir kelak. Amin.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Ayat Kursi termasuk Arab, Latin, dan Terjemahannya. Semua umat muslim pasti sudah tahu Ayat Kursi / Ayatul Kursi. Ayat Kursi adalah salah satu ayat yang bisa menjadi amalan sebagai pegangan hidup dalam artian untuk terkabulnya doa dan hajat, keberkahan, kelimpahan, amalan lancar dan murah rezeki, perlindungan diri, hingga perlindungan usaha dan bisnis.

Di dalam Ayat Kursi terkandung kebesaran Allah, keagungan Allah, kekuasaan Allah dan ilmu-ilmu Allah yang meliputi langit dan bumi.


Bacaan Ayat Kursi dan Terjemahannya | Ayatul Kursi Latin Arab dan Artinya

Bacaan Ayat Kursi dan Artinya


اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ


Ayat Kursi dalam Bentuk Huruf Latin

allahu laa ilaaha illa huwal hayyul qayyum. laa ta'khudzuhuu sinatuw wa laa nauum. lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardhi. man dzal ladzii yasfa'u 'indahuu illaa bi idznih. ya'lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum. wa laa yuhithuuna bi syai-in min 'ilmihii illaa bi maasyaa-a. wasi'a kursiyyuhussamaawaati wal ardh. wa laa ya-udhuu hifzhuhumaa wahuwal 'aliyyul azhiim


Terjemahan Indonesia Ayat Kursi

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

 

English Translate Ayat Kursi

Allah - there is no deity except Him, the Ever-Living, the Self-Sustaining. Neither drowsiness overtakes Him nor sleep. To Him belongs whatever is in the heavens and whatever is on the earth. Who is it that can intercede with Him except by His permission? He knows what is [presently] before them and what will be after them, and they encompass not a thing of His knowledge except for what He wills. His Kursi extends over the heavens and the earth, and their preservation tires Him not. And He is the Most High, the Most Great.

 

Keutamaan Ayat Kursi

1. Ayat yang Paling Agung dalam Al-Quran

Sebagaimana yang ada pada pertanyaan yang diajukan oleh Rasulullah kepada Ubay bin Ka'ab, "Ayat mana yang paling agung dalam kitabullah?" Ubay menjawab, "Ayat kursi." Maka beliau Shallallahu 'alaihi wasallam menepuk dada Ubay kemudian berkata, "Wahai Abu Mundzir, semoga engkau berbahagia dengan ilmu yang engkau miliki." (HR. Muslim).

Ayat Kursi dikategorikan sebagai ayat yang paling agung karena di dalamnya terdapat nama Allah yang paling agung, yaitu Al Hayyu dan Al Qayyum. Namun ulama berselisih pendapat manakah nama Allah yang paling agung.

2. Keagungannya Melebihi Langit dan Bumi

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya Ayat Kursi (karena di dalam ayat tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah)"

Sufyan ats-Tsauri berkata, "Sebab ayat kursi merupakan (salah satu) kalamullah (perkataan Allah), sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi" (HR. At-Tirmidzi)

3. Salah Satu Bacaan Dzikir Sebelum Tidur

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi" (HR. Al-Bukhari).

Jadikanlah ayat kursi sebagai dzikir rutin yang dibaca ketika hendak tidur. Selain itu, ayat kursi juga termasuk bacaan dzikir pagi dan petang.

4. Salah Satu Sebab Masuk Surga

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi setelah selesai shalat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian" (HR. An Nasa-i, dinilai shahih oleh Syaikh Al-Albani).

Beberapa hadits di atas menunjukkan keutamaan Ayat Kursi. Apabila kita merutinkannya, maka kita akan mendapatkan keutamaan yang sangat banyak. Hendaknya setiap muslim bersemangat untuk hal yang bermanfaat bagi dirinya, terkhusus untuk akhiratnya. Ayat Kursi sendiri bukanlah ayat yang panjang dan sulit untuk dihapal. Semoga Allah mudahkan kita untuk mengamalkannya. Wallahul Muwaffiq.


Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai Ayat Kursi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, Mudah-mudahan bermanfaat dan menjadi ilmu bagi para pembaca sekalian. Terima kasih atas segala perhatiannya dan mohon maaf atas segala kekurangan dan kekhilafannya.


Robbana; Ya Allah ya Tuhan Kami. La tuzigh qulubana: jangan engkau goyahkan hati kami. ba'da idz hadiaitana: setelah engkau memberi petunjuk kepada kami, Ya Allah. Kalau selama ini kami sering mengabaikan kewajiban kepadamu termasuk mengabaikan panggilan adzan atau kami sering mendustai istri dan anak kami bahkan mengabaikan janji yang pernah di sampaikan di hadapan umat mudah mudahan diampuni Allah SWT.

Wahablana mil Ladunka rahmah: ya Allah, mulai hari ini dan seterusnya mampukan kami untuk memperbaiki diri, mampukan diri kami untuk meningkatkan kualitas ilmu, iman dan amal. Innaka Antalwahhab: sesungguhnya engkau adalah maha pemberi. Tanpa kasih sayangmu kami tidak berarti apa apa. Amin Ya Rabb.