Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Penenang Hati dan Pikiran bagi Anda yang Sedih dan Gelisah

Doa Penenang Hati dan Pikiran bagi Anda yang Sedih dan Gelisah

Setiap orang pasti pernah merasa sedih atau gelisah. Itu adalah hal yang wajar, permasalahan hidup memang kadang membuat hati dan pikiran menjadi tidak tenang. Namun ada saatnya kita harus bahagia dan bangkit dari keterpurukan. Berikut adalah doa penenang hati dan pikiran bagi anda yang merasa sedih atau gelisah.

Perasaan yang sedih dan pikiran yang tak tenang bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti masalah di tempat kerja, kesehatan, keuangan, ataupun dari lingkungan sekitar. Kondisi seperti itu memang tak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Namun jika terjadi tentu bisa membuat kita frustasi.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjauhkan diri dari hati yang sedih atau pikiran galau. Salah satunya dengan cara memohon pertolongan Allah SWT. Sebagai manusia yang beragama, kita tentu harus berserah diri kepada Allah SWT saat mengalami kesedihan.

Oleh karena itu doa-doa penenang hati akan membantu anda dalam mengatasi hati yang sedih dan gelisah. Berikut ini bacaan-bacaan doa agar hati tenang yang bisa anda coba amalkan.

Doa Penenang Hati yang Sedih dan Gelisah


Doa Menghilangkan Kesusahan dan Hati yang Sedih

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ عَبْدُكَ، ابْنُ عَبْدِكَ، ابْنُ أَمَتِكَ، نَاصِيَتِيْ بِيَدِكَ، مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ، عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ، سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِيْ كِتَابِكَ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ، أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِيْ عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ، أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيْعَ قَلْبِيْ، وَنُوْرَ صَدْرِيْ، وَجَلاَءَ حُزْنِيْ، وَذَهَابَ هَمِّيْ

"Ya Allah, Sesungguhnya aku adalah hamba-Mu, anak hamba-Mu (Adam) dan anak hamba perempuan-Mu (Hawa). Ubun-ubunku di tangan-Mu, keputusan-Mu berlaku padaku, qadha-Mu kepadaku adalah adil. Aku mohon kepada-Mu dengan setiap nama (baik) yang telah Engkau gunakan untuk diri-Mu, yang Engkau turunkan dalam kitab-Mu, Engkau ajarkan kepada seseorang dari makhluk-Mu atau yang Engkau khususkan untuk diri-Mu dalam ilmu gaib di sisi-Mu, hendaknya Engkau jadikan Al-Qur'an sebagai penenteram hatiku, cahaya di dadaku, pelenyap duka dan kesedihanku." (HR. Ahmad, al-Musnad, 1/391)

Dalam hadits riwayat imam Ahmad disebutkan bahwa siapa saja yang kesusahan lalu membaca doa di atas, maka Allah akan menghilangkan kegelisahannya dan menggantinya dengan kebahagiaan.


Doa Melunasi Hutang dan Menghilangkan Kesusahan

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحُزْنِ، وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ، وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

"Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari (hal yang) menyedihkan dan menyusahkan, lemah dan malas, bakhil dan penakut, lilitan hutang, dan penindasan orang." (HR. Al-Bukhari 7/158)

Rasullullah SAW telah mengajarkan doa di atas sebagai doa untuk menghilangkan kesusahan, rasa malas, hingga melunasi hutang. Bacalah doa di atas dengan ikhlas dan tawakkal semata-mata mengharap pertolongan-Nya.


Doa Penyejuk Hati dan Pikiran sesuai Sunnah

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ الْعَظِيْمُ الْحَلِيْمُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَرَبُّ اْلأَرْضِ وَرَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيْمُ

"Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Agung dan Maha Pengampun. Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Tuhan yang menguasai arasy, yang Maha Agung. Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Tuhan yang menguasai langit dan bumi. Tuhan Yang menguasai arasy, lagi Maha Mulia." (HR Al-Bukhari 7/154 dan Muslim 4/2092)

Dalam riwayat Al Bukhari dan Muslim disebutkan jika Nabi Muhammad SAW ada perkara penting, beliau akan membaca doa di atas.


Doa Ketika Menghadapi Masalah Berat

اَللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ

"Ya Allah, Aku mengharapkan (mendapat) rahmat-Mu, oleh karena itu, jangan Engkau biarkan diriku sekejap mata (tanpa pertolongan atau rahmat dari-Mu). Perbaikilah seluruh urusanku, tiada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau." (HR Abu Dawud 4/324, Ahmad 5/42)

Menurut pendapat Al-Albani, hadits di atas adalah hasan dalam Shahih Abu Dawud 3/959


Doa Ketika dalam Kesulitan yang Sangat Berat

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ

"Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau. Maha Suci Engkau. Sesungguhnya aku tergolong orang-orang yang zalim." (HR At-Tirmidzi 5/529 dan Al-Hakim)

Doa di atas baik dibaca ketika anda mengalami kesulitan dalam memecahkan suatu masalah yang berat atau saat anda merasa kesulitan dalam membuat sebuah keputusan.


Doa agar Hati Tenang dan Diberi Kemudahan

اللهُ اللهُ رَبِّي لاَ أُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا

"Allah, Allah adalah Tuhanku. Aku tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu." (HR Abu Dawud 2/87)

Dari Asma binti Umais, beliau menyebutkan bahwa Rasulullah SAW mengajaridoa yang harus dibaca dalam keadaan genting agar hati menjadi tenang dan bijak dalam mengampil keputusan serta diberikan kemudahan.

Doa Penenang Hati dan Pikiran


Baca juga: Bacaan Sholawat An Nisa, Sholawat Penenang Hati dan Pikiran

Apabila hati dan pikiran Anda merasa sedih atau gelisah maka bacalah doa-doa di atas agar kegelisahan tersebut hilang. Ingatlah! Hati dan pikiran merupakan kunci utama untuk menjalani kehidupan. Semoga bermanfaat.

Berlangganan