Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Surat Ali Imran Ayat 9 dan Maknanya

Khasiat Surat Ali Imran Ayat 9 dan Maknanya

Surah Ali Imran (سورة آل عمران‎) adalah surah ke-3 dalam al-Qur'an. Surah ini terdiri dari 200 ayat dan termasuk surah Madaniyah. Dalam tulisan ini kami akan membahas mengenai khasiat surat Ali Imran ayat 9 beserta maknanya.

Dari permulaan surat hingga ayat 83 merupakan ayat yang turun berkenaan dengan delegasi Najran. Meskipun ada juga yang menganggap bahwa surat Ali Imran ayat 9 menjelaskan tentang asmaul husna.

Dinamakan Ali 'Imran karena memuat kisah keluarga Imran yang di dalam kisah itu disebutkan kelahiran Nabi Isa, persamaan kejadiannya dengan Nabi Adam, kenabian dan beberapa mukjizatnya, serta disebut pula kelahiran Maryam binti Imran.

Doa dari Surah Ali Imran ayat 9


Dalam hadits diriwayatkan bahwa telah berkata Syeikh Za'far Al-Khuldi: "Tatkala aku berpamitan pulang pada Syeikh Abu Hasan As-Suufy Qoddasallohu Sirrohu, aku ucapkan padanya ketika kami akan berpisah: Ajarkanlah padaku sesuatu yang bermanfa'at wahai Syeikh".

Maka Syeikh Abu Hasan berkata padaku, "Apabila engkau kehilangan sesuatu atau engkau mencari sesuatu yang gaib, orang yang kabur, ingin mengembalikan barang yang hilang, menarik pencuri, atau engkau ingin mengumpulkan harta, mengumpulkan pembeli, ingin beribadah, ingin cepat memahami Al-Qur'an dan kitab, serta ingin dilaksanakan semua hajat, maka bacalah olehmu ayat ini dengan niat yang dikhususkan".

Kemudian Syeikh Abu Hasan memberikan doa dari Surah Ali Imron ayat 9 ini:

Bacaan doa surat Ali Imran 9 teks Arab:
رَبَّنَآ اِنَّكَ جَامِعُ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَّا رَيْبَ فِيْهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

Bacaan doa surah Ali Imran ayat 9 latin:
rabbana innaka jami'un-nasi liyaumil la raiba fih, innallaha la yukhliful-mi'ad

Arti & terjemahan surah Ali Imron 9:
"Ya Tuhan kami, Engkaulah yang mengumpulkan manusia pada hari yang tidak ada keraguan padanya. Sungguh, Allah tidak menyalahi janji."

Tafsir Ali Imran 9


Dikutip dari kitab tafsir Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di, tujuan doa ini adalah menjelaskan bahwa hati mereka tertuju kepada akhirat. Oleh karena itu, mereka meminta keteguhan di atas hidayah agar memperoleh pahalanya.

Pada beberapa ayat di atas, Allah SWT memuji orang-orang yang ilmunya mendalam dengan tujuh sifat yang merupakan tanda kebahagiaan:
  1. Ilmu, sebagai sarana yang menyampaikan mereka kepada Allah.
  2. Ilmunya yang mendalam.
  3. Beriman kepada semua kitab dan mengembalikan ayat yang mutasyabihat kepada ayat yang muhkamat.
  4. Meminta kepada Allah ampunan dan keselamatan dari musibah yang menimpa orang-orang yang tersesat.
  5. Mereka mengakui nikmat hidayah yang diberikan Allah.
  6. Mereka meminta kepada Allah rahmat-Nya yang mengandung keberhasilan memperoleh kebaikan dan terhindar dari keburukan. Mereka bertawassul dengan nama-Nya Al Wahhab.
  7. Keimanan dan keyakinan mereka yang mendalam kepada hari kiamat dan rasa takut mereka kepada hari itu sehingga membuahkan amal.

Khasiat dan Cara Mengamalkan Surat Ali Imran ayat 9


Seperti yang disebutkan dalam redaksi hadits di atas, ayat ke 9 dari surah Ali Imron memiliki banyak keutamaan. Mulai dari sekedar mengembalikan barang yang hilang hingga menarik pembeli saat berdagang.

Adapun khasiat dan doanya adalah sebagai berikut:

  1. Doa untuk mengembalikan barang yang hilang:
    allahumma ijma' 'ala dolati

  2. Doa pengasihan untuk orang yang ingin disatukan hatinya:
    allahumma ijma' baini ..... (nama anda) wa baina ..... (nama target)

  3. Doa agar mudah menghafal dan memahami Al-Qur'an atau Kitab:
    allahumma ijma' baini ..... (nama anda) wa bainal ..... (qur'ani/kitabi)

  4. Doa untuk menarik rezeki dari segala penjuru:
    allahumma ijma' baini ..... (nama anda) wabainal mali

  5. Doa penglaris dan menarik pembeli:
    allahumma ijma' baini ..... (nama anda) wa bainal mustariina

Cara mengamalkannya, bacalah surah Ali Imron ayat 9 di atas sebanyak 15000x (dalam riwayat yang lain disebutkan dibaca 30.000x dan ada juga yang menyebut 47000x). Kemudian bacalah salah satu dari doa-doa di atas sebanyak 1x setiap membaca surah Ali Imron sebanyak 100x.

Beberapa ahli hikmah menyarankan untuk terlebih dahulu membaca istighfar 30x, membaca sholawat Nabi 30x, kemudian membaca ayatnya sebanyak 3210x.

Khusus untuk mengembalikan barang yang hilang, ditambah membaca Surah Ad-Duha sebanyak 1001x, surat al-fatihah 1001x, dan surat al-ikhlas 1002x.

Apabila barang belum kembali, boleh ditambah membaca surat Yasin sebanyak 41x. Atas izin Allah, barang yang hilang akan kembali ke hadapan anda.

Berlangganan